Jumat, 22 Juni 2018 | 08:24:01 WIB

Lewat Media Gathering, Marsdya TNI Yuyu Sutisna Sampaikan Peran Kohanudnas

Jum'at, 22 Desember 2017 | 21:09 WIB
Lewat Media Gathering, Marsdya TNI Yuyu Sutisna Sampaikan Peran Kohanudnas

FOTO : ARMAN/LINDO)            

JAKARTA, LINDO - Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) Marsdya TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., yang juga menjabat Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) mengundang rekan-rekan media massa yang ada di Jakarta dalam kegiatan media gathering, di ruang Rusmin Nurjadin, Kohandunas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (22/12).  

Dalam acara tersebut, Marsdya TNI Yuyu Sutisna menyampaikan mengenai Kohanudnas dan tugas-tugasnya agar diketahui oleh masyarakat secara luas.  

"Keinginan saya untuk mengundang rekan-rekan media massa yang bertugas dalam hal pemberitaan yang ada di Jakarta sudah sejak awal direncanakan menjabat sebagai Pangkohanudnas. Namun karena terkendala berbagai aktifitas, maka baru dapat terwujud pada akhir Bulan Desember 2017 ini," ungkap Marsdya TNI Yuyu Sutisna.

Ia juga memaparkan mengenai Profil Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) kepada para wartawan.  Pangkohanudnas Marsdya TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., dalam awal paparannya yang mengulas mengenai tugas Kohanudnas, organisasi, fokus tugas dalam pertahanan udara, Operasi Pertahanan Udara (Hanud), Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dalam operasi hanud dan satuan jajaran Kohanudnas.  

Tak kalah pentingnya. Pangkohanudnas menjelaskan mengenai Flight Information Region (FIR). FIR adalah suatu ruang udara yang ditetapkan dimensinya di mana di dalamnya diberikan flight information service atau jasa pelayanan penerbangan pesawat udara dan alerting servise atau sistem informasi dini penerbangan.  

Dijelaskan tugas Kohanudnas adalah untuk melaksanakan pengawasan dan penjagaan wilayah udara nasional dari penerbangan pesawat udara yang tidak berizin serta melakukan penindakan terhadap para pelanggarnya.

"Tugas Pertahanan Udara (Hanud) yang dilaksanakan Kohanudnas adalah melalui operasi Hanud dengan tahapan kegiatan meliputi deteksi, identifikasi dan penindakan terhadap pesawat asing yang melintas di wilayah udara Nasional Indonesia tanpa izin sebelumnya," terang Pangkohanudnas.

Untuk pelaksanaan tugas-tugas tersebut lanjutnya, Kohanudnas memiliki Satuan-satuan Radar (Satrad) di penjuru tanah air sebagai mata dan telinga untuk mengetahui aktivitas seluruh penerbangan pesawat udara di atas wilayah udara nasional.

Sedangkan satuan jajaran Kohanudnas adalah empat Kosekhanudas (Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional) dan Pusdikhanudnas (Pusat Pendidikan Pertahanan Udara Nasional).

Turut hadir dalam syukuran tersebut Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Kustono dan para pejabat Kohanudnas. (ARMAN R)

Berita Terkait