Selasa, 19 Juni 2018 | 02:19:36 WIB

Pemerintah DKI Siapkan Prasarana Jelang Tahun Baru dan Asean Games 2018

Sabtu, 23 Desember 2017 | 17:10 WIB
Pemerintah DKI Siapkan Prasarana Jelang Tahun Baru dan Asean Games 2018

ARMADA MOBIL SAMPAH DISIAPKAN PADA MALAM TAHUN BARU DAN PERSIAPAN ASIAN GAMES DI JAKARTA. (FOTO: AHMAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menjelang natal dan tahun baru 2018 serta persiapan Asian Games 2018, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan modernisasi sarana pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup.

Berbagai sarana modern dihadirkan oleh Pemerintah DKI Jakarta guna menanggulangi berbagai problem soal sampah pada malam natal dan tahun baru 2018.

Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji pada wartawan mengatakan pihaknya saat ini sedang mempersiapkan ribuan truk sampah berbagai jenis termasuk kenderaan sampah jenis motor grobak.

"Kami sedang melakukan pendistribusian seribu unit truk sampah dengan berbagi jenis, termasuk juga kendaraan sampah jenis motor grobak," kata Isnawa Adji pada wartawan, Jumat (22/12).

Lebih lanjut dia menegaskan untuk malam tahun baru, ribuan kendaraan sampah akan diterjunkan dibeberapa lokasi seperti area Monas, dan kawasan Jalan Husni Thamrin, Jakarta Pusat.

"Untuk dimalam tahun baru kami tidak hanya berkonstrasi di titik Monas saja, namun kami juga fokus di Jalan Husni Thamrin dan sekitarnya. Saya yakin warga Jakarta pada malam pergantian tahun akan berkonsentrasi di dua lokasi itu," ujarnya.

Sementara untuk tim oranye atau petugas kebersihan, Adji mengungkapkan pihaknya juga akan menurunkan semua kekuatan, baik dari Pekerja Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) maupun tim oranye yang ada di DKI Jakarta.

"Pada malam pergantian tahun kami tetap kerahkan semua petugas kami, baik itu PPSU atau pasukan oranye untuk menangani sampah yang berserahkan maupun melakukan pembersihan di wilayah Jakarta. Yang pasti pada pukul 6 pagi kami sudah adakan pengontrolan di wilayah Monas dan kawasan Thamrin, Jakarta Pusat," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Isnawa Adji menyarankan para warga DKI Jakarta agar bisa menyiapkan tempat sampah atau kantong plastik, sehingga untuk memudahkan petugas kebersihan yang bisa mengambil sampah tersebut.

"Saya mengajak pedagang kaki lima (PKL) agar ikut membantu menjaga kebersihan pada malam pergantian tahun nanti. Kami juga menyiapkan tempat-tempat sampah atau kantong plastik sehingga untuk memudahkan petugas kami dilapangan nanti," tegasnya.

Isnawa Adji juga memastikan, pengadaan berbagai sarana pengelolaan lingkungan hidup tersebut dilakukan sesuai analisis kebutuhan dan perencanaan yang matang.

“Selain untuk menyambut Asian Games, armada ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup Ibukota. Kami bertekad Jakarta sejajar dengan kota-kota maju dunia,” ucapnya. (AHMAD DAILANGI)

Editor: Aldy Madjit

Berita Terkait