Jumat, 19 Januari 2018 | 08:59:02 WIB

Di Mako Lantamal XII Pontianak, Calon Prajurit Tamtama TNI AL Gelombang I TA. 2018 Laksanakan Tes Kesehatan I

Rabu, 10 Januari 2018 | 22:24 WIB
Di Mako Lantamal XII Pontianak, Calon Prajurit Tamtama TNI AL Gelombang I TA. 2018 Laksanakan Tes Kesehatan I

(FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi diwakili oleh Kepala Dinas Administrasi Personel (Kadisminpers) Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (KH) Ramli, S. beserta Staf Dinas Administrasi Personil (Disminpers) Lantamal XII, melaksanakan tes kesehatan pertama bagi calon prajurit Tamtama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Gelombang I tahun 2018 yang berjumlah 62 orang, di Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal XII, Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (10/1).

Pelaksanaan tes kesehatan pertama merupakan rangkaian kegiatan test seleksi masuk menjadi calon siswa prajurit Tamtama TNI AL Gelombang I tahun 2018.

Tim kesehatan dari Diskes Lantamal XII Pontianak yaitu Kadiskes Lantamal XII Pontianak Letkol  Laut (K) Oys Karundeng dibantu personel Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal XII menangani langsung test para calon siswa prajurit Tamtama TNI AL tersebut tes kesehatan pertama, meliputi bentuk kepala, kaki (normal, X atau O), bentuk telapak kaki, varikokel, varices, ambeien, THT (Telinga, Hidung dan Tenggorakan), pengecekan Tekanan Darah (normal, darah rendah atau darah tinggi), tes nadi (per menit), pengukuran tinggi dan berat badan, serta tes kesehatan mata.

Tes kesehatan tahap pertama diharapkan seluruh calon prajurit Tamtama TNI AL Gelombang I ini, dalam melaksanakan tes dapat menjaga kesehatan guna menunjang kegiatan seleksi yang berlangsung secara berkelanjutan.

“Hal ini untuk memenuhi syarat standar kesehatan yang diterapkan oleh TNI AL sehingga nantinya didapatkan sosok seorang prajurit yang memiliki kesehatan yang memenuhi syarat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sehat saja ternyata tidak cukup, karena TNI AL tidak hanya membutuhkan calon yang sehat, akan tetapi dibutuhkan calon prajurit yang sehat dan memenuhi syarat sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ungkap Letkol  Laut (K) Oys Karundeng.

Dalam tes kesehatan ini lanjutnya, para calon prajurit Tamtama TNI AL Gelombang I tahun 2018 yang lolos, akan melanjutkan tes Psikologi dan Wawancara serta menyiapkan kembali kemampuan terbaiknya dalam menjawab setiap lembar pertanyaan tertulis maupun lisan, yang akhirnya dapat mengantarkan para calon prajurit Tamtama TNI AL Gelombang I tahun 2018 lolos ke tahap Pantukhirda.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadisminpers Lantamal XII Letkol Laut (KH) Ramli, Kadiskes Lantamal XII Pontianak Lertkol Laut (K) Oys Karundeng beserta tim kesehatan dari Diskes Lantamal XII Pontianak. (ARMAN R)

Berita Terkait