Kamis, 18 Oktober 2018 | 03:57:13 WIB

Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Latih Tanggap Bencana Pada Mahasiswa UMP

Kamis, 11 Januari 2018 | 02:39 WIB
Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Latih Tanggap Bencana Pada Mahasiswa UMP

(FOTO: PENKOSTRAD/LINDO)

PURWOREJO, LINDO - Dalam rangka program latihan gabungan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) tahun 2018, yang memiliki tema “ Membentuk ikatan solid dengan kerjasama yang baik bersama latihan gabungan’’. Prajurit Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad yang dipimpin oleh Serka Agus Susanto melaksanakan pelatihan materi tanggap bencana banjir dan pelatihan Halang Rintang (HR) kepada 130 orang Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) Jawa Tengah. di Markas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad, Minggu (7/1).

Materi yang diberikan adalah menekankan dengan materi teori serta praktek pada teknik pelatihan di lapangan pada tingkat operasional dan taktis untuk menghadapai dampak bencana banjir di wilayah Kabupaten Purworejo serta pelatihan cara melewati Halang Rintang (HR).

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, komunikasi, praktek di lapangan dan pembelajaran dan latihan skenario tanggap bencana banjir dan sekaligus untuk mempererat  tali silahturahmi antara TNI khususnya Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad kepada Mahasiswa UMP.

Mayor Inf Iman Widhiarto,S.T., menungkapkan TNI sebagai salah satu alat pertahanan negara dan mempunyai sumber daya yang memadai turut berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya pemerintah dalam mengantisipasi dan menyiapkan personil beserta alutsistanya dalam menghadapi ancaman bencana yang dapat terjadi kapan saja.

TNI juga berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan prajuritnya dalam bidang manajemen penanggulangan bencana. Dari pelatihan diharapkan bisa meningkatkan kapasitas dan kompetensi peserta latihan gabungan UKM UMP tersebut dalam bidang komunikasi, kehumasan, dan media center bencana. Sehingga dalam hal ini, tentunya banyak manfaatnya bagi mereka.

”Saya berharap, dari pelatihan ini dapat bermanfaat dengan maksimal supaya tidak sia-sia begitu saja. Sehingga dari pemateri, mereka dapat menerima ilmu yamng diajarkan dan peserta dapat paham betul apa yang disampaikan secara lisan maupun dengan praktek di lapangan,” pugkasnya.

Istiqo Agus Wicaksono, S.P,M.Sc selaku Dosen dan ketua panitia kegiatan dari UMP, Mengatakan terimakasih kepada TNI khususnya Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad, terimakasih kepada Danyonif Mekanis Raider 412 Kostrad Mayor Inf Iman Widhiarto, S.T., karena sudah berkenan memberikan tempat, sarana dan prasarana serta pelatih untuk melatih Mahasiswa dalam kegiatan  latihan gabungan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) tahun 2018 ini, kami berharap TNI khususnya Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad bisa membantu pada kegiatan selanjutnya di kemudian hari. (PENKOSTRAD)

Berita Terkait