Senin, 10 Desember 2018 | 18:11:48 WIB

Awak KRI GNR-332 Berikan Penghormatan Dipusara I Gusti Ngurah Rai

Minggu, 14 Januari 2018 | 03:45 WIB
Awak KRI GNR-332 Berikan Penghormatan Dipusara I Gusti Ngurah Rai

(FOTO: DISPEN ARMATIM/LINDO)

BALI, LINDO - Menjelang H-1 pelaksanaan pengukuhan nama KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR)-332, Komandan KRI GNR Kolonel Laut (P) Endra Hartono didampingi ahli waris yaitu Bapak I Gusti Ngurah Gede Yudhana, melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Desa Margeran, Kab. Tabanan, Bali, Kamis, (11/1).

Penghormatan kepada para pahlawan diawali dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga di monumen Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai oleh Komandan KRI GNR, dilanjutkan tabur bunga ke beberapa makam pahlawan yang berasal dari Bali.

Dalam ziarah tersebut turut hadir diantaranya, perwakilan awak kapal yaitu Perwira, Bintara, Tamtama dan prajurit maupun Aparatur Sipil Negara dari Lanal Denpasar, serta perwakilan Pemuda Panca Marga (PPM) Bali yang merupakan keluarga pejuang tahun 1946.

Setelah melaksanakan ziarah dan tabur bunga di dalam lokasi yang sama, para kru kapal perang jajaran Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim mengunjungi Museum Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana.

Museum ini berlokasi di desa Marga. Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, berjarak lebih kurang 25 km dari Kota Denpasar ke arah Barat Laut. Dibangun secara bertahap sejak tahun 1967, museum ini diresmikan oleh Gubernur Bali Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.

Museum Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana merupakan penanda peristiwa bersejarah “Puputan Margarana”, yakni perang besar antara masyarakat Bali melawan NICA. Museum ini mengoleksi foto-foto pahlawan, pedang Bali, samurai kecil, keris Bali, peralatan perang peninggalan Amerika dan Inggris, serta sebagainya.
 
Pada kawasan seluas 10 Hektar tersebut juga berdiri Candi Pahlawan Margarana yang padanya tertera surat Jawaban I Gusti Ngurah Rai (Pemimpin Dewan Pejuang Bali) kepada Overste Termeulen (Belanda) yang menggambarkan kebesaran jiwa perjuangan dan patriotisme bangsa Indonesia umumnya dan masyarakat Bali khususnya.

Terdapat pula Taman Bahagia, terletak di sebelah Utara dan Timur Laut Candi Pahlawan Margarana, yang terdiri dari 1372 nisan atau tugu pahlawan yang menunjukkan jumlah pejuang yang gugur di medan laga selama revolusi fisik di Bali, sebagai pahlawan perang kemerdekaan RI, termasuk sebuah nisan untuk pahlawan tidak dikenal. (DISPEN ARMATIM)

Berita Terkait