Kamis, 18 Oktober 2018 | 08:20:31 WIB

Rumah Sakit TNI AL Dipercaya Gelar Pemeriksaan Calon Pilkada Jabar

Minggu, 14 Januari 2018 | 17:25 WIB
Rumah Sakit TNI AL Dipercaya Gelar Pemeriksaan Calon Pilkada Jabar

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam rangka pemilihan Bakal Pasangan Calon (bapaslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) wilayah Jawa Barat (Jabar), Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. Mintohardjo dipercaya menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan untuk Bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati Bogor, yang dipimpin langsung oleh Kepala RSAL Mintohardjo Kolonel Laut (K) dr. Wiweka, MARS., di Gedung URJ A, Rumkital dr. Mintohardjo, Jakarta Pusat (Jakpus).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari pada 13 dan 14 Januari 2018 ini, telah melaksanakan berbagai pemeriksaan, meliputi pemeriksaan Jiwa, Penyakit Dalam, Jantung, Paru, Bedah, Urlogi, Ortopedi, Obsgyn, Neurologi, Mata, THT, Gigi dan Mulut, Radiologi, Labolaturium dan Emergency.

Sedangkan pada hari kedua yaitu 14 Januari, tim kesehatan melaksanakan rapat hasil pemeriksaan para Bapaslon wilayah Jabar ini. Pemeriksaan ini diikuti sebanyak 18 peserta yang terdiri dari empat pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota bogor, serta lima pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor.

Para calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor yang mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan, terdiri dari empat Bapaslon ,diantaranya Bapaslon Dadang Iskandar Danubrata dan Sugeng Teguh Santoso, Bapaslon Bima Arya Sugiarto dan Dedie A Rachim, Bapaslon Achmad Ru'yat dan Zaenul Mutaqin serta Bapaslon Edgar Suratman dan Sefwelly Gynanjar Djoyodiningrat.

Sedangkan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Bogor terdiri dari lima Bapaslon, diantaranya Bapaslon Ir. Gunawan Hasan & Ficky Rhoma Irama, Bapaslon Ade Yasin dan H. Iwan Setiawan, S.E., Bapaslon H. Fitri Putra Nugraha dan H.R. Bayu Syahjohan, Bapaslon H. Ade Ruhandi dan Jaro Ade, S.E., serta Bapaslon Ade Wardhana Adinata dan Asep Ruhiyat.

Dalam sambutannya, Karumkital dr. Mintohardjo Kolonel Laut (K) dr. Wiweka, MARS mengatakan, pemeriksaan untuk Bapaslon akan dilakukan oleh dokter dengan keahlian dan pengalaman masing-masing dan menggunakan alat yang modern dan canggih.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan tersebut akan dilakukan mulai dari ujung kepala hingga ke ujung kaki.  Tidak hanya pemeriksaan jasmani, tetapi juga ada pemeriksaan psikologis serta bebas narkoba untuk para pasangan calon pemimpin Bogor ini.

"Untuk pemeriksaan kesehatan kepada Bapaslon khususnya Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati cukup kredibel dalam menentukan hasilnya nanti, jadi kami betul-betul independen dalam pemeriksaan ini," ungkap Karumkital dr. Mintohardjo. 

Selain itu pada kegiatan pemeriksaan Bapaslon Jabar wilayah Bogor ini, melibatkan panitia sebanyak 153 tenaga kesehatan, yang terdiri dari 47 dokter gabungan dari dokter-dokter Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan para staf terkait lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Kepala Pembinaan Karumkital dr. Mintohardjo dr. I Made Sukanta, Sp. B., para dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), para Staf Komisi Pemilihan Umum (KPU), para Staf Badan Narkotika Nasional (BNN) dan para Staf terkait lainnya. (ARMAN R)

 

Berita Terkait