Minggu, 24 Juni 2018 | 02:15:58 WIB

Peringatan Hari Dharma Samudera Di Mabesal

Senin, 15 Januari 2018 | 14:45 WIB
Peringatan Hari Dharma Samudera Di Mabesal

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal) Laksda TNI Mulyadi, memimpin jalannya upacara peringatan Hari Dharma Samudera, di Lapangan Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (15/1).

Upacara peringatan Hari Dharma Samudera yang dilaksanakan secara rutin oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) setiap 15 Januari, merupakan puncak dari perjuangan dan patriotisme putra-putra bahari terbaik dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Di mana pada tanggal tersebut telah terjadi pertempuran di Laut Aru yang dipimpin oleh Komodor Yos Sudarso sebagai Senior Officer Present Afloat (SOPA) On Board di R.I. Matjan Tutul yang tertembak kapal perang Belanda dan tenggelam gugur bersama awak KRI Matjan Tutul.  Pengorbanan para Pahlawan tersebut telah menorehkan tinta emas dalam sejarah nasional perjuangan bangsa Indonesia.

Kasal dalam amanat yang dibacakan Aslog Kasal Laksda TNI Mulyadi mengatakan, Hari Dharma Samudera pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan, sekaligus untuk mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 56 tahun silam, di mana jasa-jasa para pahlawan laut yang telah gugur sebagai kusuma bangsa dalam mempertahankan wilayah Kedaulatan NKRI.

Menurutnya, sebagai generasi penerus peristiwa tersebut telah memberikan suri teladan tentang sikap kepahlawanan dan patriotisme yang ditunjukkan oleh para ksatria laut sejati.

"Para pejuang saat itu dengan gagah berani melakukan perlawanan secara heroik, bahkan rela mengorbankan jiwa dan raganya, hingga tenggelam bersama RI Macan Tutul dalam menghadapi kapal perang Belanda yang diketahui memiliki kekuatan jauh lebih besar, dan memiliki persenjataan modern pada masa itu," ungkapnya.

Pada peringatan Hari Dharma Samudera ini, Kasal menekankan kepada seluruh Prajurit TNI AL untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nila-nilai keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu, sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit TNI AL dalam pengabdian kepada negara dan bangsa, serta terwujudnya TNI AL yang handal dan disegani.|

Upacara ini diikuti, para Perwira, Bintara, Tamtama dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di jajaran Mabesal. (ARMAN R)

 

Berita Terkait