Senin, 28 Mei 2018 | 06:15:51 WIB

Masuki Tahun Politik, Kasad Akan Bentuk Tim Pengawas Netralitas TNI

Senin, 15 Januari 2018 | 20:35 WIB
Masuki Tahun Politik,  Kasad Akan Bentuk Tim Pengawas Netralitas TNI

Kasad Jenderal TNI Mulyono. (FOTO : DETAK.CO/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono akan membentuk tim pengawas untuk menjamin, menjaga dan memonitor netralitas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) terhadap segala bentuk politik praktis, khususnya pada tahun politik yaitu 2018 dan 2019.

“Saya perintahkan Pangdam untuk membentuk tim pengawal Netralitas TNI yang bertugas melaksanakan pengawasan dan menerima laporan pengaduan masyarakat di lingkungan masing-masing berkaitan netralitas TNI AD dalam pesta demokrasi,” kata Jenderal TNI Mulyono kepada wartawan, usai upacara sertijab Pangkostrad, Pangdam XII/Tanjungpura, Pangdam IX/Udayana, Dankodiklat TNI AD, Dansecapaad, di Mabes TNI AD, Jakarta, Senin (15/1).

TNI AD lanjutnya, akan memberdayakan unsur intelijen TNI AD untuk memantau hingga ke akar rumput. Unsur tersebut akan menerima pengaduan masyarakat soal dugaan ketidaknetralan oknum TNI.

“Nantinya, tim tersebut akan memberi laporan kepada Kasad secara intensif.  Itu adalah wujud dari keseriusan kita dalam rangka menjaga netralitas TNI,” jelas Kasad.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah dan mengatasi kemungkinan konflik yang ditimbulkan selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

“Ini untuk kepentingan internal AD dalam rangka memberikan jaminan ke masyarakat, kita tetap harus netral,” tegasnya.  (ARMAN R)

Berita Terkait