Minggu, 16 Desember 2018 | 17:48:26 WIB

Latihan Penyiapan Latpratugas Pamtas Tiga Negara Resmi Ditutup

Sabtu, 20 Januari 2018 | 10:36 WIB
Latihan Penyiapan Latpratugas Pamtas Tiga Negara Resmi Ditutup

(FOTO: DISPEN ARMATIM/LINDO)

SURABAYA, LINDO - Komandan Satuan Kapal Cepat  (Dansatkat) Koarmatim Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara Irvandhani, selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat), secara resmi menutup Latihan Penyiapan Latpratugas Pengamanan Perbatasan antara RI-Malaysia, RI-Philipina, dan RI-Australia, di Ruang Auditorium Puslat Kaprang, Kolatarmatim, Ujung Surabaya, Jumat, (19/1).

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 15 s.d 19 Januari 2018, di hari terakhir sebelum acara penutupan dilaksanakan pembekalan pengetahuan tentang Komlek TNI AL dari Diskomlekarmatim, dilanjutkan pembekalan  pengetahuan, dan tanya jawab tentang ROE oleh Mayor Laut (P) Dahana Ali Perkasa, Pasops Satkatarmatim.

Usai pelaksanaan Sholat Jumat, Dansatkat Koarmatim dalam acara penutupan menyampaikan bahwa, kegiatan latihan penyiapan Latpratugas Pamtas RI-Malaysia, RI-Philipina dan RI-Australia TA. 2018, memiliki tujuan untuk meningkatkan kesiapan dan kesiagaan personel maupun unsur-unsur dalam rangka melaksanakan operasi Pamtas RI-Malaysia, RI-Philipina dan RI-Australia Tahun 2018.

Sasaran dari latihan ini adalah agar para prajurit menguasai peran-peran di kapal, menguasai prosedur penghentian kapal-kapal melaksanakan Search and Rescue, memahami peraturan perundang-undangan, menguasai prosedur penanganan penyelundupan TKI ilegal, Narkoba,barang elektronik, barang bekas dan lain-lain.

Dengan berakhirnya latihan ini diharapkan Prajurit Koarmatim khusus yang terlibat latihan dapat mengimplementasikan tiga pilar pembangunan TNI AL dalam hal peningkatkan profesionalisme prajurit, sehingga TNI AL menjadi handal dan disegani terutama dalam mengemban tugas operasi pengamanan perbatasan.

Hadir dalam acara tersebut, Komandan KRI Sultan Iskandar Muda-367, KRI Frans Kaisiepo-368, KRI Keris-624, KRI Pulau Raas-722, dan KRI lainnya jajaran Koarmatim, serta tim penilai dari Kolatarmatim. (DISPEN ARMATIM)

Berita Terkait