Rabu, 22 Agustus 2018 | 06:19:17 WIB

Prajurit Lanud Atang Sendjaja Ikuti Pengarahan Kasau Lewat Vicon

Senin, 22 Januari 2018 | 20:25 WIB
Prajurit Lanud Atang Sendjaja Ikuti Pengarahan Kasau Lewat Vicon

(FOTO : PENLANUDATS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Mengawali tugas dan tanggung jawab jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), pada Senin (22/1/2018), Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM., melaksanakan entry briefing, di gedung Auditorium Leo Watimena Denma Mabesau.

Ada hal yang berbeda pada pelaksanaan entry briefing Kasau, karena tidak hanya diikuti oleh seluruh pejabat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dan para Komandan Satuan secara langsung di Mabesau, namun juga disaksikan secara langsung oleh seluruh personel TNI AU di berbagai satuan melalui Video Conference (Vicon).

Di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja (Ats), Vicon entry briefing Kasau diikuti oleh anggota Lanud Ats, Wingdikum, dan Kompi C. Paskhas, langsung dari hanggar Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Ats setelah pelaksanaan apel pagi bersama. Dengan tenang dan penuh perhatian, semua anggota mengikuti dan menyimak apa yang disampaikan oleh Kasau.

Dalam pengarahannya, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyampaikan beberapa penekanan yang harus menjadi perhatian seluruh personel TNI AU guna pembangunan kekuatan dan pengembangan kemampuan TNI AU.

“Saya akan menyampaikan pokok-pokok kebijakan, dengan harapan mampu memberikan kesamaan pola pikir dan pola tindak bagi seluruh prajurit TNI AU, khususnya para pejabat di lingkungan TNI AU. Sehingga masing-masing prajurit TNI AU semakin menyadari peran dan tugasnya untuk bertindak sesuai dengan tupoksinya,” terang Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini ia mengajak prajurit TNI AU untuk bersama berpartisipasi aktif dalam membangun TNI AU dengan mengimplementasikan slogan, jargon dan semboyan menjadi kerja yang nyata.  

“Saya ingin menjadikan TNI AU yang mampu melaksanakan tugas sesuai amanat Undang-Undang (UU) yaitu melaksanakan tugas TNI matra udara di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional, melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara, serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara,” jelas Kasau.

Mencermati perkembangan lingkungan strategis yang ada lanjutnya, maka dapat diperkirakan potensi ancaman terhadap Indonesia semakin meningkat. Oleh karena itu, dibutuhkan postur TNI AU yang tangguh untuk menghadapi, menangkal dan menanggulangi berbagai ancaman tersebut.

Terkait pembangunan postur TNI AU yang ideal, Kasau menekankan bahwa pembangunan postur tidak hanya fokus pada upaya pembangunan kekuatan saja, namun juga, memprioritaskan pembangunan kemampuan dan gelar kekuatan yang ideal untuk menangkal setiap ancaman. Selain itu, sikap kesatria, militan, loyal dan profesional prajurit juga perlu dibina sebagai cerminan memperoleh daya tempur TNI AU yang sesungguhnya.

Untuk mewujudkan semua itu, Kasau menekankan agar peningkatan diberbagai bidang ditingkatkan, yang meliputi bidang perencanaan dan anggaran agar sesuai dengan kebutuhan renstra ke dua, bidang pengamanan melalui peningkatan pengamanan di berbagai tempat, bidang operasi ditingkatkan dengan tetap mengedepankan “zero accident” dalam pelaksanaan tugas, bidang personel dengan penekanan peningkatan pada penyediaan, pendidikan, penggunaan, perawatan dan pemisahan prajurit yang harus dilaksanakan dengan lebih baik, bidang logistik dengan memperbaiki sistem pengadaan, bidang potdirga melalui peningkatan kualitas personel, dan terjalinnya sinergitas antara komponen bangsa tentang pemberdayaan potensi dirgantara.

“Saya mengajak para perwira semua untuk memiliki komitmen, integritas dan konsistensi dalam mewujudkan TNI AU yang lebih baik di semua lini,” pungkas Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengakhiri pengarahannya.

Hadir pada acara Vicon entry briefing Kasau di hanggar Skadron Udara 8 Lanud Ats, Kepala Dinas Logistik Lanud Ats, Kolonel Tek Amin Rahardjo, Kepala Dinas Operasi Lanud Ats Kolonel Pnb Muzafar, Kepala Dinas Personel Lanud Ats Kolonel Pnb Andi F. Picaulima, para perwira staf Lanud Ats, Wingdikum dan Kompi C. Paskhas. (ARMAN R)

Berita Terkait