Senin, 28 Mei 2018 | 06:33:02 WIB

Antisipasi Banjir Jakarta, Kodam Jaya Siagakan Prajurit

Senin, 5 Februari 2018 | 19:57 WIB
Antisipasi Banjir Jakarta, Kodam Jaya Siagakan Prajurit

FOTO : PENDAMJAYA/LINDO).

JAKARTA, LINDO - Curah hujan yang tinggi di wilayah Bogor, pada Minggu malam (4/2), telah menaikan debit air di bendungan Katulampa dan sejak Pukul 08.30 WIB pada Senin (5/2) statusnya menjadi Siaga 1 (sumber: Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta), telah menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya kemungkinan banjir di Ibukota Jakarta terutama di bantaran kali Ciliwung. Apalagi waktu yang bersamaan, hujan lebat juga terjadi di seluruh wilayah Jakarta.

Menyikapi hal tersebut, Kodam Jaya/Jayakarta melakukan langkah antisipasi terhadap bencana banjir dengan menyiagakan segenap kekuatan, baik personel maupun materiil agar apabila terjadi bencana dapat dengan cepat diatasi.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya/Jayakarta Letkol Inf Kristomei Sianturi menyampaikan, personel yang disiagakan dalam antisipasi bencana banjir, meliputi wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) terdiri dari satuan Kodim 0504/JS dan Yonarhanudse 10/ABC.

"Sedangkan untuk wilayah Jakarta Timur disiapkan personel dari Kodim 0505/JT, Yonif Mekanis 202/TM dan Yonarmed 7/105 GS. Kodam Jaya juga menyiapkan fasilitas dapur umum dan LCR dari satuan Bekangdam Jaya," ungkap Letkol Inf Kristomei Sianturi.

Sementara untuk wilayah Jakarta Pusat lanjutnya, Kodam Jaya telah menyiagakan pasukan dari Kodim 0501/Jakarta Pusat dan Yonif Mekanis 201/JY.

Kapendam Jaya juga menyampaikan himbauan Kodam Jaya agar masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah bantaran kali Ciliwung, serta tidak ragu untuk melaporkan perkembangan situasi kepada Koramil, Kodim terdekat.

"Pengalaman terjadinya banjir di tahun tahun sebelumnya hendaknya dijadikan pengalaman agar dapat dicegah munculnya korban jiwa maupun kerugian materiil lainnya," ujarnya. (ARMAN R)

Berita Terkait