Selasa, 21 Agustus 2018 | 04:02:38 WIB

Pangkostrad Kirim Ratusan Prajurit ke Perbatasan Papua

Minggu, 11 Februari 2018 | 23:59 WIB
Pangkostrad Kirim Ratusan Prajurit ke Perbatasan Papua

(FOTO: PENKOSTRAD/LINDO)

SURABAYA, LINDO - Dalam menghadapi tantangan tugas di wilayah perbatasan, Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen TNI Agus Kriswanto mengirim salah satu Batalyon andalannya untuk melaksanakan misi pengamanan wilayah perbatasan Indonesia-Papua New Guinea di wilayah Papua.

Sebanyak 450 orang prajurit Yonif Para Raider 501 Kostrad diberangkatkan ke Papua oleh Pangkostrad, melalui upacara di Dermaga Ujung Koarmatim Surabaya, Jumat (9/2).

Prajurit Yonif Para Raider 501 Kostrad yang dipimpin oleh Mayor Inf Eko Antoni Candra Listianto selaku Komandan Satgas, akan mengemban tugas menjaga keutuhan NKRI di wilayah perbatasan, mengamankan patok batas negara, menciptakan situasi yang kondusif dan memberikan rasa aman kepada masyarakat perbatasan.

Selain itu, mereka juga dituntut untuk membantu aparat terkait dalam menangani permasalahan, seperti pelanggaran lintas batas, penyelundupan Narkoba dan gangguan keamanan lainnya.

Dalam amanatnya, Pangkostrad mengucapkan selamat kepada seluruh prajurit atas terpilihnya mereka sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG.

“Tugas ini merupakan kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara. Untuk itu, kepercayaan yang telah diberikan ini agar dijadikan pedoman dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI”, tegasnya.

Selain itu, Pangkostrad juga berpesan kepada seluruh prajurit agar segera beradaptasi setibanya di tempat penugasan, pahami kultur budaya, kondisi wilayah dan hormati adat istiadat masyarakat setempat, serta rebut hati dan simpati masyarakat sehingga terjalin kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Laksanakan pengamanan personel dan materiil, baik pada saat pergeseran pasukan maupun selama berada di daerah operasi, serta senantiasa memohon pertolongan dan perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga dalam penugasan ini kalian diberikan lindungan dan kemudahan”, harapnya.

Turut hadir pada acara ini Pangdam V/Brawijaya, Pangdivif 2 Kostrad, Pangarmatim, Dankodiklatal, Gubernur AAL, Kapolda Jatim, Karumkital Dr. Ramelan, Kabinda Jatim, Danlanud Surabaya, PKPP Prov. Jatim, para Asisten Kaskostrad, para Asisten Kasdam V/Brawijaya dan para Asisten Kasdivif 2 Kostrad serta Komandan Satuan Jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad. (PENKOSTRAD)

Berita Terkait