Jumat, 19 Oktober 2018 | 19:16:32 WIB

Kohanudnas Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama Dengan Airnav

Senin, 12 Februari 2018 | 14:27 WIB
Kohanudnas Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama Dengan Airnav

(FOTO : PENKOHANUDNAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Airnav menandatangani perjanjian kerjasama, yang merupakan perpanjangan dari perjanjian yang sama dan telah berakhir jangka waktunya yaitu 2013-2018.

Dalam penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut, Kohanudnas dipimpin langsung oleh Panglima Kohanudnas (Pangkohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., dan dari Perum LPPNPI dipimpin oleh Direktur Utama Perum LPPNPI Novie Riyanto R, di Markas Kohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (12/2).

Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., dalam sambutannya menyatakan, sinergitas antara Kohanudnas dengan Perum LPPNPI merupakan suatu keniscayaan seiring dengan intensitas penggunaan ruang udara nasional yang bertambah.

"Kohanudnas memiliki empat Komando Sektor I-IV dengan Satuan Radar (Satrad) di dalamnya merupakan “mata” Kohanudnas guna mengawasi seluruh pergerakan pesawat di wilayah udara nasional," terang Marsda TNI Imran Baidirus.  

Namun demikian lanjutnya, Kohanudnas perlu melengkapi data dan informasi penerbangan lainnya dari LPPNPI, khususnya data surveillance dan flight plan agar pelaksanaan tugasnya lebih terarah.

Sementara itu, Direktur Utama Perum LPPNPI Novie Riyanto R mengatakan, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 tahun 2012, disebutkan tugas Perum LPPNPI adalah melayani navigasi penerbangan di Indonesia, sehingga penanganan pengelolaan wilayah udara nasional menjadi tanggung jawab beberapa stakeholder yang bersangkutan seperti Kohanudnas dengan Perum LPPNPI.   

"Penandatanganan kerjasama antara Kohanudans dengan Perum LPPNPI dilakukan dalam rangka mendukung operasi pertahanan udara serta meningkatkan keselamatan, keamanan dan kelancaran penerbangan," jelas Novie Riyanto R.

Ia menambahkan, tindak lanjut perjanjian kerjasama tersebut akan dituangkan dalam suatu Letter of Operation Coordination Agreement (LoCA)/Surat Perjanjian Koordinasi Operasi yang dilakukan antara unit pelayanan navigasi penerbangan Perum LPPNPI dengan Kosekhanudnas.

Acara penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kohanudnas dengan Perum LPPNPI, diadakan di Lobby Makohanudnas dengan susunan acara, meliputi penandatangan naskah kerjasama, pertukaran cinderamata.  

Selanjutnya, refresment di ruang VIP Roesmin Nurjadin, sambutan dari pimpinan kedua belah pihak. Acara dihadiri pula oleh pejabat terkait dari kedua belah pihak. (ARMAN R)

Berita Terkait