Rabu, 19 Juni 2019 | 16:22:43 WIB

BNP2TKI : Jenazah PMI Adelina Lisao Tiba Di Jakarta

Jum'at, 16 Februari 2018 | 20:40 WIB
BNP2TKI : Jenazah PMI Adelina Lisao Tiba Di Jakarta

Jenazah PMI Adelina Lisao Tiba Di Jakarta.(FOTO : HUMASBNP2TKI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Jenasah almarhumah Adelina Lisao, Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang meninggal di Penang akibat dugaan tindakan majikannya yang diluar perikemanusiaan, akhirnya tiba di Jakarta dengan  maskapai Garuda, pada Jumat (16/2).

Sebelum menempuh penerbangan dari Kuala Lumpur ke Jakarta, jenasah PMI tersebut telah diterbangkan dari Penang ke Kuala Lumpur dengan maskapai Malaysian Airline pada Kamis (15/2).  Akhirnya, peti jenazah telah tiba di Terminal Cargo Bandara Soekarno - Hatta (Soetta) pada Jumat (16/2) sekitar pukul 15.00 WIB. 

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Badan Nasioanal Penempatan dan Perlindungan (BNP2TKI) Servulus  Bobo Riti menyatakan, kargo jenazah almarhumah yang tiba tersebut sesuai dengan ittinary yang diterima dari KJRI Penang.

"Ya, petugas kami dari Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Serang dan CUL Bandara Soetta sudah melakukan penanganan standar sekaligus dalam rangka penerbangan lanjutannya ke Bandara El Tari Kupang pada Sabtu Subuh (17/2) pukul 04.50 WIB," terang Servulus Bobo Riti.

Sementara itu, di tempat yang terpisah, Ade Kusnadi selaku Kepala BP3TKI Serang bersama Jongga Kepala Seksi Perlindungan mengatakan, sehubungan dengan  pengawalan penerbangan lanjutan ke El Tari Kupang, BP3TKI Serang telah menugaskan Ridwan sebagai staf pendampingan sampai dengan diserahterimakannya almarhumah ke Keluarga dan BP3TKI Kupang di daerah asal.

Terkait pola pengiriman Servulus menegaskan, perkembangan sementara, keadaan di cargo aman dan terkendali.  Untuk transfer kargo jenazah almarhumah Adelina tidak di bawa keluar ke  Lounge Jenazah Soekarno-Hatta karena exit point-nya di Kupang. 

"Jadi ini hanya transfer dari terminal internasional langsung ke kargo terminal domestik untuk pengaturan penerbangan selanjutnya ke Kupang dengan Garuda pada Sabtu (17/2) pukul 04.40. Kepala BNP2TKI Bapak Nusron Wahid, sangat sangat berterima kasih kepada Ibu Menlu Retno dan Kepala Perwakilan RI di Penang, bahkan kepada publik yang telah  memberikan perhatian besar atas peristiwa kemanusiaan ini," ungkapnya. (ARMAN R)

Berita Terkait