Minggu, 23 September 2018 | 17:46:20 WIB

Rapat Koordinasi P3MD Bahsa Soal Dana Desa

Selasa, 13 Maret 2018 | 16:15 WIB
Rapat Koordinasi P3MD Bahsa Soal Dana Desa

(FOTO: Fardi K Halifat/LINDO)

TERNATE, LINDO - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Maluku Utara yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintah Yusuf Marsaoli membuka rapat kordinasi program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) Provinsi Maluku Utara Tahun Anggaran 2018 dengan tema "Implementasi program padat karya tunai".

Rapat koordinasi itu, dihadiri oleh 200 orang peserta yang terdiri dari perwakilan unsur Kemendes, Kemendagri, Kemenkeu, konsultan Nasional, LKPP, Polres Kabupaten/Kota, Dinas Kabupaten/Kota, tenaga ahli tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, PD, PLD, dan Kepala Desa.

Dalam sambutannya Yusuf Marsaoli menyampaikan tahun 2018 merupakan tahun ke 4 pelaksanaan Undang-Undang Desa, dan penyaluran dana desa sudah dialokasikan sejak tahun 2015. Dan hingga kini pemerintah provinsi sudah konsisten mengatasi kemiskinan dan pengangguran.

"Pemerintah provinsi Maluku Utara sudah konsisten mengatasi kemiskinan dan pengangguran lewat penyaluran Dana Desa untuk pembangunan desa lewat pemanfaatan potensi sumber daya yang ada di desa. Pemerintah provinsi sudah melaksanakan penyaluran 20  persen Dana Desa pada tahap ke satu tahun anggaran 2018," kata Yusuf Marsaoli.

Terkait tema kegiatan implementasi program padat karya tunai, kriteria telah ditetapkan dengan upah kerja 30 persen, termasuk siap kelola secara swakelola dan secara mandiri oleh Desa serta melibatkan sebanyak-banyaknya dari masyarakat desa,

"Kami sedang memprioritaskan bahan material Desa sehingga memberikan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat desa. Untuk itulah di lakukan sesuai ketentuan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Dalam meyukseskan program tersebut perlu sinergitas seluruh komponen, sehingga program ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Harus ada sinergitas dari seluruh komponen agar program ini berjalan sesuai rencana," tutunya. (FARDI)

Berita Terkait