Sabtu, 15 Desember 2018 | 23:25:34 WIB

KPU Ajak Mahasiswa jadi Pemilih Cerdas di Pilkada 2018

Rabu, 4 April 2018 | 02:00 WIB
KPU Ajak Mahasiswa jadi Pemilih Cerdas di Pilkada 2018

KPU Tanjungpinang launching maskot dan website Pilkada Tanjungpinang 2018. (FOTO: HUMAS KPU/LINDO)

BATAM, LINDO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang gencar menyosialisasikan Pilkada 2018 ke kampus-kampus. Selain mengajak pemilih muda menggunakan hak pilih dan mengecek namanya di Daftar Pemilih Sementara (DPS), KPU mengajak mahasiswa cerdas di Pilkada 2018.

"Pemilih yang cerdas akan menggunakan hak suaranya dan mampu melihat secara jernih visi misi calon kepala daerah. Negara akan menuju demokrasi yang berkualitas jika pemilih cerdasnya lebih banyak," ujar Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria di KPU Goes to Campus tersebut, KPU Tanjungpinang, Politeknik Kesehatan Tanjungpinang, Selasa (3/4).

Pemimpin harus memiliki visi misi untuk mewujudkan masyarakat Tanjungpinang yang sejahtera. Tak hanya soal ekonomi, masyarakat juga harus memperhatikan program di bidang pelayanan publik, pendidikan, kesehatan, dan budaya.

Mahasiswa juga diajak mengawasi kecurangan selama tahapan pilkada, termasuk saat hari pencoblosan dan penghitungan suara. Mahasiswa dapat melapor Panwaslu Kota Tanjungpinang jika menemukan kecurangan.

"Jika (pelanggaran) itu terbukti, maka segera diberikan sanksi tegas sesuai peraturan yang ada. Bahkan jika memenuhi unsur pidana pemilu, maka hal itu bisa diproses," tegasnya.

Mahasiswa dapat mengecek DPS secara daring dengan mengunjungi laman: infopemilu.kpu.go.id. Cukup dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di tempat yang disediakan.

"Satu suara sangat berarti karena pemilih berdaulat akan menjadikan negara kuat," pungkasnya. (MTVN)

Berita Terkait