Kamis, 26 April 2018 | 01:20:42 WIB

KRI Bima Suci Siap Laksanakan Muhibah Pertama

Senin, 16 April 2018 | 15:27 WIB
KRI Bima Suci Siap Laksanakan Muhibah Pertama

(FOTO: DISPEN ARMATIM/LINDO)

SURABAYA, LINDO - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, menerima paparan terkait kesiapan pelaksanaan muhibah KRI Bima Suci (BSC)-945 yang disampaikan oleh Komandan KRI BSC Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji, bertempat di Ruang Rapat Pangarmatim, Ujung Surabaya, Senin (16/4).

Dalam penjelasannya di hadapan Pangarmatim, Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji menyampaikan tentang kesiapan KRI BSC yang melaksanakan muhibah ke luar negeri dengan singgah di beberapa negara Asia Timur, kegiatan muhibah ini dalam rangka mengikuti SCF (Safety Comes First) Far East Tall Ships Regatta dan The IFR 2018 di Korea Selatan.

Selain mendukung kegiatan tersebut, muhibah KRI BSC juga dalam rangka mendukung kegiatan Latihan Praktek (Lattek) Pelayaran Astronomi Kartika Jala Krida Taruna Akademi TNI Angkatan Laut Tingkat III Angkatan 65 TA. 2018 selama 98 hari.

Lebih lanjut, Komandan KRI Bima Suci mengatakan pula bahwa, “KRI Bima Suci memiliki misi diplomasi untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia di mata dunia, serta meningkatkan hubungan baik di negara-negara yang akan disinggahi” ungkapnya.

Pada pelaksanaannya nanti, KRI Bima Suci akan melaksanakan pelayaran selama 3 bulan yang dimulai pada akhir bulan Juli s.d. akhir Oktober 2018 dengan membawa 188 personel yang terdiri dari 69 orang Prajurit KRI Bima Suci, 17 orang Pendukung, serta 102 orang Taruna AAL.

Mengawali pelayarannya, KRI Bim Suci akan bergerak dari Surabaya menuju ke Batam sebelum memulai pelayarannya ke luar negeri. Setelah bergerak dari Batam, KRI Bima Suci berlayar menuju Zhanjiang (China), Yeosu (Korea Selatan) dan akhirnya sandar di Vladivostok (Rusia).

Dalam lintas laut kembali ke Indonesia, KRI Bima Suci akan singgah di Yokohama (Jepang), Qingdao (China), Jeju (Korea Selatan), Manila (Filipina) dan akhirnya masuk perairan Indonesia melalui Pantai Barat Bitung sebelum kembali ke Surabaya dengan menempuh jarak keseluruhan 10,407 Nm.

Hadir pada acara tersebut, Irarmatim Kolonel Laut (T) Amrein, Para Asisten Pangarmatim, Para Staf Ahli Pangarmatim, Para Komandan Satuan, serta Para Komandan Unsur yang berada di Pangkalan.  (DISPEN ARMATIM)

Berita Terkait