Selasa, 11 Desember 2018 | 12:42:44 WIB

Kadispenal Buka Kursus Penyiaran Radio TNI AL

Senin, 16 April 2018 | 22:04 WIB
Kadispenal Buka Kursus Penyiaran Radio TNI AL

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar.Stud., membuka kegiatan Kursus Penyiaran Radio Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Tahun 2018, di Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/4).

Kursus Penyiaran Radio ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya diadakan oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalitas personel di bidang penyiaran, dengan memberikan pengetahuan dasar-dasar penyiaran radio, sehingga para peserta mampu menyampaikan informasi dalam alur cerita yang mengalir, menciptakan persepsi dan opini positif ke publik guna mempertahankan dan mengangkat citra TNI AL.

Kursus tersebut, tidak hanya melibatkan tenaga pengajar dari TNI AL, tetapi juga tenaga pengajar profesional dari luar. Adapun materi yang akan diberikan adalah materi dasar- dasar Radio, Teknik Penulisan Naskah Berita, Pengenalan Alat Radio, Teori Step By Step menjadi Penyiar, Etika Penyiaran Radio dan Public Speaking.

Menurut Kadispenal, saat ini kegiatan penyiaran tentunya tidak lepas dari kaidah-kaidah umum telekomunikasi berlaku secara universal. Penyiaran mempunyai kaitan erat dengan spektrum frekuensi radio dan orbit satelit Geostasioner yang merupakan sumber daya alam yang terbatas sehingga pemanfaatannya perlu diatur secara efektif dan efisien.

“Saya menekankan kepada peserta Kursus untuk berkonsentrasi penuh pada pelajaran yang diberikan nantinya, waktu satu minggu tidaklah lama, tapi dengan keseriusan maka akan banyak ilmu yang bermanfaat yang dapat diserap agar mampu mengaplikasikannya di kesatuan masing-masing serta dapat menjadi penyiar handal yang dapat menyampaikan informasi atau berita penting, sehingga dapat menciptakan TNI AL yang handal dan disegani menuju World Class Navy," tegasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekdispenal, para Kasubdis Dispenal, Para Kadispen dan Kabagpen Komando Utama Angkatan Laut wilayah Jakarta, serta tamu undangan terkait lainnya. (ARMAN R)

Berita Terkait