Kamis, 19 Juli 2018 | 18:13:49 WIB

Ciptakan Prajurit Penerangan Yang Berkualitas, Prajurit Satdik Rindam Jaya Ikuti Pelatihan Fotografi Jurnalistik

Rabu, 18 April 2018 | 21:08 WIB
Ciptakan Prajurit Penerangan Yang Berkualitas, Prajurit Satdik Rindam Jaya Ikuti Pelatihan Fotografi Jurnalistik

(FOTO : PENDAMJAYA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Di tengah perkembangan zaman dan teknologi informasi saat ini, peran dan fungsi bidang penerangan di masing-masing satuan jajaran TNI kian memiliki nilai strategis. Sebab, banyak fungsi strategis yang diembang oleh penerangan. Mulai dari mempublikasikan kinerja satuan, counter opinion, hingga menggalang jembatan komunikasi dengan masyarakat umum.

Untuk itulah, diperlukan personel-personel penerangan yang memiliki kemampuan profesional di bidangnya, seperti membuat release berita hingga kemampuan fotografi, utamanya fotografi jurnalistik yang berkualitas.

Guna memenuhi standar prajurit penerangan yang berkualitas seperti di atas, Rindam Jaya/Jayakarta melaksanakan pelatihan fotografi jurnalistik bagi personel masing-masing Satuan Pendidikan di lingkungan Rindam Jaya.

Pelatihan ini digelar di Ruang IT Rindam Jaya dengan menghadrikan pengajar dari Studio Hitam Putih dan personel penerangan Rindam Jaya Serda Juendi, di Jakarta, Rabu (18/4).

Komandan Rindam Jaya/Jayakarta Kolonel Inf Ketut Gede Wetan Pastia, S.E, menyampaikan, fungsi dan peran strategis dari penerangan, mengharuskan personelnya memiliki kemampuan dan kualifikasi profesional dalam masing-masing fungsi penerangan.

“Ini penting untuk meningkatkan kemampuan personel dalam bidang fotografi jurnalistik, karena kedepannya ada tantangan ini.  Sehingga, perlu dijawab dengan meningkatkan kemampuan prajurit,” terang Kolonel Inf Ketut Gede Wetan Pastia.

Sementara itu, pimpinan pelatihan kali ini Kaset Rindam Jaya Kapten Caj Ahmad Sukendar menambahkan, dalam pelatihan ini mengajarkan materi dasar fotografi, pengenalan kamera digital semi profesional, dilanjutkan dengan praktik pengambilan gambar dengan menerapkan pengetahuan yang diajarkan di dalam ruangan.

“Intinya, kegiatan ini merupakan salah satu langkah Danrindam Jaya yang baru Kolonel Inf Ketut Gede Wetan Pastia.  Sempat ada tanya-jawab juga seputar pelatihan ini dan seluruh peserta mengikuti dengan penuh antusias,” ujar Kapten Caj Ahmad Sukendar. (ARMAN R)

Berita Terkait