Jumat, 25 Mei 2018 | 22:01:09 WIB

KPU Malut Gelar Debat Terbuka Empat Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur

Jum'at, 4 Mei 2018 | 23:36 WIB
KPU Malut Gelar Debat Terbuka Empat Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur

Debat terbuka pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur, yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Maluku Utara, Jumat (4/5) malam, di Grand Dafam Hotel Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. (FOTO: HUMAS KPU MALUT/LINDO)

TERANTE, LINDO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar debat terbuka pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan kepala daerah Malut. Debat putaran pertama dilaksanakan pada Jumat (4/5) malam di Gamalama Ballroom, Hotel Grand Dafam Bela, Ternate, Maluku Utara.

"Acara debat publik pertama dilakukan oleh KPU, tentunya harus berdebat dan beradu tentang visi misi, agar masyarakat bisa mengetahui," kata Ketua KPU Malut, Syahrani Sumadayo pada saat memberikan sambutan.

Syahrani menjelaskan, proses menyampaikan informasi atau visi misi kepada publik, yang disiar secara langsung RRI Cabang Ternate, sangat diharapkan keempat calon bisa menyampaikan sebaik mungkin agar dapat diketahui secara luas. Meskipun, mereka telah keliling Malut untuk melakukan kampanye. Tapi, malam ini bisa hadir menyaksikan debat.

"Debat harus menunjukan rasa kebersamaan, keakraban,  persaudaraan sehingga masing-masing tim juga bisa mengikuti sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan mereka," jelas Syahrani.

Ia menambahkan, keempat calon memiliki pengalaman karena ada yang juga mantan pejabat. Bahkan ada juga masih menjabat, semua itu, adalah putra-putri terbaik Malut, biarlah masyarakat yang menentukan pilihan.

"Biar berbeda pilihan, tapi kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan," tandas Syahrani.

Debat cagub-cawagub perdana itu mengangkat tema “Pembangunan berbasis Kepulauan Menuju Kesejahteraan Rakyat” dan disiarkan secara langsung oleh RRI siaran Kota Ternate serta di siarkan secara live streaming melalui akun facebook resmi KPU Provinsi Maluku Utara, yang mulai pukul 19.30 WIT.

Tema yang diangkat pada debat menyangkut lingkungan hidup, sumber daya alam (SDA), ekonomi kelautan dan industri berbasis kelautan.

Perlu diketahui, Pilkada Maluku Utara diiukuti oleh 4 (empat) pasangan calon Gubernur dan calon wakil gubernur periode 2018-2014. Mereka diantaranya, pasangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-Rivai) dengan nomor urut 1, pasangan Burhan Abdurahman-Ishak Djamaludin (Bur-Jadi) dengan nomor urut 2, pasangan Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali (AGK-YAN) di nomor urut tiga. Sedangkan pasangan Muhammad Kasuba-Madjid Husen (MK-MAJU) di nomor urut 4. (TIM LINDO)

 

Berita Terkait