Jumat, 14 Desember 2018 | 19:47:41 WIB

Jelang Ramadhan, Warga Fitu Kota Ternate Bersihkan Mesjid

Minggu, 13 Mei 2018 | 13:51 WIB
Jelang Ramadhan, Warga Fitu Kota Ternate Bersihkan Mesjid

Warga Kelurahan Fitu, Kota Ternate sedang membersihkan ruangan dan mengacat jendela dan tembok Masjit Babuljannah Fitu, untuk mempersiapkan datangnya bulan suci ramadhan 1439 hijriyah. (FOTO: UPI/LINDO)

TERNATE, LINDO - Menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah, para warga di Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara, pada Minggu (13/5) pagi melakukan bhakti sosial dengan membersihkan sarana ibadah dan lingkungannya.

Tokoh masyarakat Supriyanto Nasir kepada LINDO menuturkan, untuk menyongsong bulan ramadhan pada tahun ini, agar mempersiapkan diri untuk melaksanakan rukun islam yang ke empat, yakni puasa pada bulan ramadhan.

“Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun pada setiap menyambut bulan suci Ramadhan, karena dengan suasana Masjid bersih dan rapi pelaksanaan ibadah menjadi lebih khusyuk,” katanya.

Lelaki yang sering disapa Upi itu menyebutkan, pelaksanaan minggu bersih tersebut dilakukan pembersihan terlebih dahulu terhadap lingkungan mesjid, seperti mengecat tembok, membersihakn pekarangan, toilet dan lainnya.

"Pada minggu pagi kami terlebih dahulu membersihkan lingkungan mesjid, seperti mengecat tembok, membersihakn pekarangan, toilet dan membersihkan lainnya," ujarnya.

Selain membersihkan mesjid, kata dia, gotong royong tersebut juga untuk mempererat tali silaturahim antar warga di daerah itu. Agar pelaksanaan ibadah puasa berjalan dengan tenang, nyaman dan penuh kedamaian.

"Tradisi gotong royong membersihkan masjid dilakukan bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramdhan, namun juga dilakukan setiap saat sesuai dengan kondisi mesjid dan lingkungannya," tandasnya.

Sementara itu, dari pantaun LINDO, diseluruh Kota Ternate, Maluku Utara, sejak Sabtu (12/5) kemarin hingga Minggu (12/5) sore seluruh warga di daerah itu saling bergotong royong untuk membersihakn tempat ibadah mereka, dari dalam hingga pekerangan mesjid. (ALDY)

 

Berita Terkait