Jumat, 16 November 2018 | 00:16:09 WIB

Bulan Ramadhan Tiba, Harga Bahan Pangan di Kota Ternate Masih Normal

Selasa, 15 Mei 2018 | 22:04 WIB
Bulan Ramadhan Tiba, Harga Bahan Pangan di Kota Ternate Masih Normal

Harga sembako di Kota Ternate, Maluku Utara masih normal. (FOTO: ALDY/LINDO)

TERNATE, LINDO – Bulan Ramadhan tahun 2018 ini jatuh pada hari Kamis, (17/5). Di tahun-tahun sebelumnya, menjelang Ramadhan, harga bahan bahan pangan, seperti beras, gula, dan daging sapi pun mengalami kenaikan.

Berdasarkan pantauan LINDO pada Selasa, (15/4), harga bahan pangan di Pasar Bastiong cenderung masih normal. Beberapa pedagang mengatakan, kenaikan barang baru akan terjadi sekitar dua hingga satu minggu menjelang Lebaran.

“Kalau sekarang beras sih masih normal, buat yang medium Rp 11.000 per kilogram, kalau untuk yang premium, masih di kisaran Rp 14.000, satu sampai dua minggu jelang Lebaran biasanya baru naik, ” ujar Farida (40), pedagang beras di Pasar Bastiong kepada LINDO, Selasa (15/5).

Dia mengaku kenaikan harga beras tidak dapat diprediksi. Bahkan saat ini, harga beras cenderung sedang turun karena panen. Untuk stok beras sendiri, Farida menatakan beras yang dia jual didapatkan dari daerah lain yang ada di Provinsi Maluku Utara.

“Harga Rp 11.000 itu sebelumnya Rp 12.500,” lanjut Farida.

Sementara itu, untuk daging sapi juga masih terpantau normal. Lukman (32), berujar harga daging sapi masih ada di kisaran Rp 125.000 sampai Rp 145.000 per kilogram.

“Kami sih enggak bisa perkirain harganya, kalau emang pas harus naik ya kami naikin,” ujar Lukman.

Dia mengaku sudah terbiasa dengan naik turunnya jumlah pasokan daging sapi. Menurut Lukman, jika pasokan daging dari lokal berkurang, maka dirinya akan memilih untuk menjual daging impor.

Harga daging impor sendiri cenderung lebih murah dibandingkan dengan daging lokal. Kisaran harga untuk daging impor ada di angka Rp 90.000.

Kepala Pasar Palmerah Suherman mengatakan, kenaikan harga dalam waktu satu bulan menjelang Lebaran ini belum cukup signifikan. Biasanya ketika satu minggu sebelum puasa dan dua minggu sebelum Lebaran, harga barang akan terjadi lonjakan karena komoditas jarang, dan kebutuhan masyarakat meningkat.

Dia menyebutkan, pada hari Senin (15/5) mendatang, Kementerian Perdagangan melalui Dinas terkait akan melakukan Operasi Pasar di sejumlah pasar yang ada di Kota Ternate untuk memantau pasokan dan harga pangan.

Harga komoditas lain di Pasar Bastiong yang masih terpantau normal antara lain bawang merah Rp 35.000 per kilogram, bawang putih Rp 40.000, cabai Rp 50.000, dan tomat Rp 12.000. (ELU)

 

Berita Terkait