Jumat, 25 Mei 2018 | 22:03:06 WIB

Dankormar Resmikan Perubahan Nama Dan Pengukuhan Jabatan Danpasmar - 3

Rabu, 16 Mei 2018 | 15:39 WIB
Dankormar Resmikan Perubahan Nama Dan Pengukuhan Jabatan Danpasmar - 3

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono S.H., M.H., MTr (Han)., meresmikan secara langsung perubahan nama Satuan Korps Marinir Pasmar-1 dan Pasmar-2 serta pengukuhan jabatan Danpasmar-3, di Lapangan Brigif-2 Pasmar-1, Ksatrian Hartono Cilandak Jakarta Selatan, Rabu, (15/5).

 

Perubahan nama satuan Korps Marinir ditetapkan berdasarkan Keputusan Komandan Korps Marinir Nomor : 88 / V / Tahun 2018. Tentang Peresmian perubahan nama Kesatuan Pasmar-1 dan Pasmar-2 serta pengukuhan jabatan Danpasmar-3. yaitu Pasmar-2 Menjadi Pasmar-1 berkedudukan di Jakarta dijabat Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr., (Hanla),  Pasmar-1 menjadi Pasmar-2 berkedudukan di Surabaya dijabat Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi sedangkan Pasmar-3 berkedudukan di Sorong dijabat oleh Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol S.Sos., yang sebelumnya menjabat Danlantamal XIV Sorong.

 

Dalam amanatnya, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono menyampaikan, peresmian perubahan nama satuan Pasmar-1 dan Pasmar-2 serta pengukuhan jabatan Komandan Pasmar-3 sebagai realisasinya dari rencana pengembangan dan validasi organisasi Korps Marinir, serta penyesuaian nomenklatur satuan-satuan yang ada di jajaran Korps Marinir.

 

"Hal ini sebagai upaya restrukturisasi demi terwujudnya struktur organisasi Korps Marinir (Kormar) sesuai dengan strategis 2015-2019, guna lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas, peran, dan fungsinya dalam rangka menegakkan kedaulatan negara dan menjaga keutuhan wilayah negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di tengah-tengah tantangan yang semakin berat dan ancaman yang semakin kompleks serta multidimensional," terang Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono.

 

Korps Marinir (Kormar) lanjutnya, yang merupakan bagian integral Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), terus berupaya untuk melaksanakan penataan dan pengembangan organisasi demi mewujudkan kekuatan pertahanan nasional yang tangguh dan kuat.

 

Sehingga kata Dankormar dapat menjaga kedaulatan NKRI, yang mana telah teruang dalam postur TNI-AL sampai dengan 2024, dengan harapan TNI dalam hal ini Kormar mampu untuk menangkal segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan bangsa Indonesia dengan menyesuaikan kondisi dan situasi wilayah geografis Indonesia.

 

“Memperhatikan dan mempertimbangkan situasi tersebut serta didukung dengan adanya kebijakan pemerintah, demi sinkronisasi pembangunan gelar kekuatan TNI dengan pembangunan nasional, maka panglima TNI selaku pemimpin tertinggi Tentara Nasional Indonesia telah meresmikan pembentukan beberapa satuan TNI di wilayah timur termasuk halnya Pasmar-3 dan perubahan nama Koarmada pada tanggal 11 Mei 2018 di Sorong,” jelasnya. 

 

Sebagai tindak lanjutnya, Korps Marinir (Kormar) segera melaksanakan penyesuaian Satuan-satuan yang ada dijajaran Kormar, dalam hal ini Satuan Pasmar yang diurut mulai dari barat ke timur dan sekaligus penyesuaian dengan Satuan Armada sebagai satu satuan “SSAT".

 

Diakhir amanatnya, Dankormar mengucapkan selamat kepada Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol atas pengukuhan jabatan sebagai Komandan Pasmar-3 dan kepada seluruh personel yang telah membantu, mendorong dan menyumbangkan tenaga serta memberikan kontribusi dalam perencanaan dan peresmian perubahan nama Satuan Kormar dan pengukuhan Jabatan Danpasmar-3 di Sorong. (ARMAN R)

Berita Terkait