Rabu, 12 Desember 2018 | 08:20:39 WIB

Laksda TNI Sulistiyanto Pimpin Serah Terima Tiga Jabatan Strategis Seskoal

Rabu, 16 Mei 2018 | 20:52 WIB
Laksda TNI Sulistiyanto Pimpin Serah Terima Tiga Jabatan Strategis Seskoal

(FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Laksda TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga jabatan strategis dan pengukuhan Dirbin Seskoal, di Gedung O.B. Syaaf Seskoal Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (16/5).

Jabatan yang diserahterimakan yaitu Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Gusmaidi kepada Kolonel Laut (S) Hardiko. Jabatan Direktur Pengkajian Strategik dan Operasi (Dirjianstraops) diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Yoos Suryono Hadi kepada Kolonel Laut (P) Suharto dan Koordinator Dosen (Koordos) diserahterimakan dari Kolonel Laut (S) Hardiko kepada Kolonel Laut (KH) Dr. Sudardi. Sedangkan Jabatan Direktur Pembinaan (Dirbin) Seskoal dikukuhkan Komandan Seskoal kepada Kolonel Laut (T) Edy Wahyanta.

Komandan Seskoal Laksda TNI Sulistiyanto dalam acara Sertijab tersebut mengatakan, pergantian jabatan dalam suatu organisasi pada hakikatnya merupakan salah satu mata rantai pembinaan personel dalam rangka mendinamisasikan organisasi di Seskoal secara keseluruhan. 

Menurutnya, Sertijab sebagai Dinamisasi yang bertujuan agar organisasi senantiasa responsive, antisipatif serta adaptif terhadap setiap perubahan kondisi lingkungan strategis yang terjadi.

“Dengan demikian, pergantian jabatan seperti ini bukan hanya sekedar bermakna prosedural pergantian personel semata, tetapi lebih bermakna substansial, yaitu suatu proses kesinambungan pembinaan satuan dalam konteks pembagunan Seskoal yang merupakan lembaga pendidikan tertinggi di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL),” terang Laksda TNI Sulistiyanto.

Jabatan Seklem Seskoal lanjutnya, memiliki peran yang strategis sebagai unsur pembantu pimpinan dalam melaksanakan administrasi umum, pembinaan program dan anggaran, melaksanakan fungsi penerangan, fungsi penasehat hukum serta menyelenggarakan pengembangan organisasi dan metode pembinaan.

Di sisi lain, peran strategis Jabatan Dirjianstraops adalah unsur pembantu pimpinan yang bertugas merencanakan, mengarahkan dan membina kegiatan-kegiatan pengkajian strategik dan operasi serta penelitian lanjut baik yang diprogramkan Seskoal maupun Mabesal.

Demikian juga jabatan strategis Koordos sebagai unsur pelaksana bertugas mengembangkan dan memelihara kemutakhiran materi ajaran yang relevan bagi pendidikan di Seskoal serta dalam bidang pembinaan dosen di lingkungan Seskoal memiliki tugas menyusun dan menyiapkan bahan ajaran sebagai refrensi dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar sesuai dengan bidang studi yang menjadi tanggung jawabnya.

Sedangkan jabatan Dirbin Seskoal adalah unsur pembantu pimpinan yang bertugas merencanakan, mengarahkan, melaksanakan dan mengendalikan pembinaan personel dan logistik guna mendukung terlaksananya operasi pendidikan dan pengkajian di Seskoal.

Komandan Seskoal berharap, agar segenap anggota Lembaga Pendidikan Tertinggi di TNI AL ini tetap menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, demi terlaksananya tugas dengan baik guna mewujudkan Seskoal sebagai Center of Excellence on Naval and Maritime Science Studies.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Seskoal melepas beberapa dosen Seskoal untuk mutasi ke tempat dinas yang baru. Kegiatan ini dihadiri Wadan Seskoal Laksma TNI TSNB. Hutabarat, M.MS. dan para pejabat utama Seskoal, serta undangan lainnya. (ARMAN R)

 

Berita Terkait