Kamis, 19 April 2018 | 16:51:51 WIB

Brigjend TNI (Mar) R.M. Trusono : Komandan Lanal Banten Harus Kerja Keras Dan Kerja Cerdas

Selasa, 19 Januari 2016 | 20:24 WIB
Brigjend TNI (Mar) R.M. Trusono : Komandan Lanal Banten Harus Kerja Keras Dan Kerja Cerdas

Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono menyaksikan penandatangan Berita Acara Sertijab Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Dadang Somantri. (FOTO : DISPENLANTAMALIII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Serah Terima Jabatan (Sertijab) pada dasarnya merupakan dinamika dari sebuah organisasi untuk bergerak maju, agar dari waktu ke waktu menjadi semakin lebih baik. Dengan adanya Sertijab, diharapkan akan tumbuh semangat baru dilingkungan organisasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), khususnya Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banten, memunculkan ide-ide pemikiran kreatif dan inovatif, sehingga kinerja Lanal Banten ke depan akan semakin meningkat.

Hal itu disampaikan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta Brigjend TNI (Mar) R.M. Trusono, ketika memimpin upacara Sertijab Komandan Lanal Banten, dari Kolonel Laut (P) Judijanto kepada Kolonel Laut (P) Dadang Somantri, di Dermaga PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Merak, Banten, Selasa (19/1).

Menurutnya, Lanal Banten merupakan salah satu satuan pelaksana Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, yang bertugas menyelenggarakan dukungan administrasi dan logistik bagi unsur-unsur TNI AL, menyelenggarakan pembinaan potesi maritim menjadi kekuatan Pertahanan Keamanan Negara (Hankamneg) di laut dan menyelenggarakan operasi keamanan laut serta melaksanakan tugas-tugas lain sesuai kebijakan pemimpin TNI AL di wilayah kerja Lanal Banten, sehingga keberadaan TNI AL di tengah-tengah masyarakat dapat dirasakan manfaatnya.

“Wilayah perairan yurisdiksi Nasional Indonesia kawasan barat, sering memunculkan permasalahan pelanggaran hukum di laut.  Oleh karena itu, kehadiran unsur-unsur TNI AL terus menerus di perairan tersebut akan tetap menjadi prioritas, sehingga merupakan kewajiban bagi Lanal Banten untuk selalu mendukung, yang kesemuanya dalam rangka tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan penegakan hukum di laut,” terang Komandan Lantamal III Jakarta Brigjend TNI (Mar) R.M. Trusono.

Dengan keterbatasan dukungan yang dimiliki Lanal Banten lanjutnya, haruslah disikapi dengan penerapan pola operasi yang tepat dan adanya terobosan-terobosan yang terukur dan tidak akan merugikan pihak manapun, sehingga pelaksanaan tugas tetap optimal, untuk itulah perlu kerja keras dan kerja cerdas Komandan Lanal Banten yang didukung oleh seluruh jajarannya.

Pada kesempatan itu Komandan Lantamal III Jakarta juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (P) Judijanto, yang selama ini telah bekerja maksimal dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugasnya sebagai Komandan Lanal Banten.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada   Ibu dr. Dani Oktovia Judijanto atas dukungan, pengabdian, pengorbanan dan kesabarannya selama mendampingi suami dengan setia serta dalam memimpin dan membina organisasi Jalasenastri  di Lanal Banten dengan baik.

“Kepada Kolonel Laut (P) Dadang Somantri selamat datang di jajaran Lantamal III dan selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan TNI AL  untuk mengemban tugas baru sebagai Komandan Lanal Banten.  Demikian juga kepada Ibu Anies Dadang Somantri yang akan menjabat Ketua Jalasenastri Lanal Banten, adakan kerja sama dengan organisasil wanita lainnya yang ada di wilayah Banten, sehingga keberadaan Jalasenastri Lanal Banten dapat dirasakan manfaatnya, baik bagi anggota sendiri maupun lingkungan masyarakat sekitarnya,” ujar Brigjend TNI (Mar) R.M. Trusono.

Hadir dalam upacara Sertijab Komandan Lanal Banten tersebut, Wakapolda Banten, Danrem 064/Maulana Yusuf Serang, Dan Group-1 Kopassus, Dandim 0623 Cilegon, Ditpolairda Banten, Dansatbrimob Polda Banten, Kapolres Cilegon, Kepala Kesbangpol Provinsi Banten mewakili Gubernur Banten, Sekda Kota Cilegon, Para Pejabat Staf dan Jalasenastri Lantamal III serta unsur Muspida Kota Cilegon.

Berita Terkait