Selasa, 14 Agustus 2018 | 22:40:52 WIB

Anwar Ibrahim ke Jakarta atas Undangan BJ Habibie

Minggu, 20 Mei 2018 | 16:29 WIB
Anwar Ibrahim ke Jakarta atas Undangan BJ Habibie

Anwar Ibrahim dalam wawancara dengan AFP di Kuala Lumpur. (FOTO: AFP/MTVN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pemimpin oposisi Malaysia yang belum lama ini dibebaskan dari penjara berkunjung ke Jakarta, Minggu (20/5). Kunjungan ini diakui Anwar sebagai respons atas undangan langsung dari presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie.

"Hari ini saya ke Jakarta atas undangan mantan Presiden Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, yang juga bertepatan dengan ulangtahun ke-20 Reformasi Indonesia," ucap Anwar dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu (2/5) seperti yang dilansir Medcom.id.

"Tahun 1998 adalah tahun keramat bagi Malaysia dan Indonesia," lanjut dia.

Bagi Indonesia, kata Anwar, 1998 adalah momen jatuhnya rezim Orde Lama dan berawalnya fase peralihan kekuasaan serta pengukuhan institusi-institusi demokrasi. Di tahun ini jugalah BJ Habibie menjadi presiden.

Sementara bagi Malaysia, 2 September 1998 diperingati masyarakat sebagai awal jatuhnya rezim Barisan Nasional. Berkuasa selama hampir dua dekade, Barisan Nasional kembali jatuh pada pemilihan umum 9 Mei 2018.

"Saya percaya pertemuan dan perbincangan dengan (mantan) Presiden Habibie akan mengeratkan lagi hubungan di antara dua negara kita, serta memperkukuh iltizam melaksana agenda reformasi di Malaysia," sebut Anwar.

Anwar Ibrahim dijadwalkan bertemu BJ Habibie di Jakarta pada pukul 13.00 WIB. Ia juga dijadwalkan berbuka puasa bersama di kediaman BJ Habibie dikediamannya di Jakarta Selatan. (MTVN)

 

Berita Terkait