Senin, 22 Oktober 2018 | 04:37:25 WIB

BJ Habibie Anggap Anwar Ibrahim seperti Adik Sendiri

Minggu, 20 Mei 2018 | 19:01 WIB
BJ Habibie Anggap Anwar Ibrahim seperti Adik Sendiri

Presiden ke-3 RI BJ Habibie (kanan) bersama pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim di kediaman Habibie, Jakarta, Minggu (20/5). (FOTO: MTVN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Presiden ke-3 RI BJ Habibie menerima kedatangan pejuang reformasi Malaysia Anwar Ibrahim. Anwar baru saja bebas dari penjara pada 16 Mei lalu. Ia sebelumnya ditahan sejak 2015 dengan tuduhan sodomi.

"Anwar ini adik saya. Kami sudah berteman lama. Saya undang ke Jakarta, ya seperti mengunjungi abangnya," kata Habibie dalam konferensi pers di kediamannya, kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Minggu (20/5).

Habibie juga sempat mengatakan kepada Anwar bahwa Indonesia dan Malaysia harus terus berjalan beriringan dengan kedelapan negara lainnya di ASEAN.

"Kita ini saudara serumpun. Banyak sekali persamaan terutama budaya. Bersama ASEAN juga, kita harus terus bekerja sama," ucap Habibie lagi.

Habibie bercerita, ia sempat menawarkan Anwar tinggal di rumahnya, saat Anwar harus menjalani operasi di Munchen, Jerman, pada 2004.

"Saya tawarkan ke Anwar, mau tidak tinggal di rumah saya. Penawaran itu wajar lah sebagai abang adik," tutur Habibie.

Selama dua jam, Anwar berada di dalam rumah Habibie. Menurut Wakil Ketua Parti Keadilan Rakyat Shamsul Iskandar yang ditemui Medcom.id di teras rumah Habibie, keduanya membicarakan banyak hal.

"Banyak. Ada soal politik Malaysia, soal Dato Anwar sendiri, soal Tun Mahathir. Sedang melepas rindu mereka berdua," kata Shamsul.

Anwar menerima undangan dari Habibie untuk mengunjungi Jakarta hari ini. Nanti sore, ia juga dijadwalkan untuk berbuka puasa bersama di kediaman Habibie. (MTVN)

 

Berita Terkait