Selasa, 13 November 2018 | 12:13:19 WIB

Masyarakat Kweel Merauke Panen Jagung Bersama Satgas Yonif Raider 323 Kostrad

Sabtu, 26 Mei 2018 | 16:47 WIB
Masyarakat Kweel Merauke Panen Jagung Bersama Satgas Yonif  Raider 323 Kostrad

(FOTO: PENKOSTRAD/LINDO)

MERAUKE, LINDO - Setelah sebelumnya Pos Komando Taktis Satgas Yonif Raider 323 yang melaksanakan panen bersama masyarakat di Asiki Kabupaten Bovendigoel, kali ini giliran Pos Kweel yang melaksanakan kegiatan panen jagung di sekitar bangunan Pos Kweel bersama warga masyarakat Kampung Kweel Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (24/5).

Sebelum pelaksanaan panen, terlebih dahulu diadakan penyuluhan tentang pola pemanfaatan lahan yang diberikan oleh Letnan Dua Inf Galang. Penyuluhan ini menekankan tentang cara pengolahan tanah, bagaimana mengatasi kesulitan dan keterbatasan unsur hara yang menurutnya bisa diatasi dengan pemberian pupuk kompos.

Kampung Kweel adalah sebuah kampung yang berlokasi 9 Km dari Jalan Trans Papua Merauke-Bovendigoel, dimana mayoritas penduduknya adalah warga Suku Marin yang mengandalkan berburu untuk kehidupan sehari-hari. Matius salah satu warga yang hadir mengungkapkan, hal ini bagus bagi masyarakat agar tidak bergantung hanya pada hasil berburu melainkan dapat bercocok tanam untuk memberi makan kepada keluarganya.

Selain tanaman jagung yang berhasil dipanen dalam kegiatan ini di sekitar Pos Kweel terdapat kebun bersama masyarakat yang ditanami tanaman kacang tanah, kacang panjang, mentimun, cabe, kol, dan terong.

"Usaha membuka lahan tidur dengan menanami tanaman yang bermanfaat untuk di konsumsi adalah satu upaya kecil membentuk ketahanan pangan," ungkap Letda Galang.

Kegiatan bercocok tanam adalah kegiatan mengisi waktu luang para anggota Satgas disamping tugas pokok menjaga perbatasan dan membina hubungan teritorial kepada masyarakat sekitar, khusunya Kampung Kweel.

“Kegiatan bercocok tanam ini adalah kegiatan hanya mengisi waktu luang untuk anggota Satgas saja. Karena tugas pokok kami adalah menjaga perbatasan dan membina hubungan teritorial kepada masyarakat sekitar," paparnya. (PENKOSTRAD)

Berita Terkait