Rabu, 26 Juni 2019 | 01:22:52 WIB

Terlibat Mendukung Kandidat Gubernur, Dua Oknum ASN Halsel Diusulkan Dipecat

Minggu, 27 Mei 2018 | 12:24 WIB
Terlibat Mendukung Kandidat Gubernur, Dua Oknum ASN Halsel Diusulkan Dipecat

Paslon Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba dan M Al Yasin Ali. (FOTO: POLITIK-TIMUR/LINDO)

HALSEL, LINDO - Dua Aparat Sipil Negara (ASN) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yakni Ridwan Kamarullah, Camat Mansioli Selatan dan Nawir Husen, ASN di Dinas Perikanan Halmahera Selatan telah direkomendasikan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku Utara. Sebab, kedua nya dianggap tidak patuh pada aturan dan larangan terkait larangan keterlibatan ASN dalam politik praktis.

Devisi Hukum dan Penindakan Panwaslu Halsel, Khalid A Rajak kepada wartawan Liputandonesianews.com baru-baru ini diruang kerjaanya mengatakan, pihaknya telah melimpahkan berkas Camat Mandioli Selatan dan Nawir Husen ke Bawaslu karena keduanya secara terang-terangan terlibat dan menggunakan atribut paslon Abdul Gani Kasuba dan M Al Yasin Ali (AGK-YA).

"Meraka lakukan pelanggaran ini sudah dua kali, pelanggaran pertama dipanggil dan sudah klarifilasi tetapi masih juga terlibat, maka kita langsung limpahkan berkas mereka ke Bawaslu untuk diproses ke KASN di Jakarta," tegas Khalid.

Lanjut Khalid, kedua ASN itu secara jelas melanggar UU No 1 tahun 2015 tentang Pilkada, Pasal 188, pejabat negara sampe kades dan sebutan lain dilarang membuat keputusan atau tindakan yg menguntungkan salah satu pasangan calon, Jo UU no 10 tahun 2016 pasal 71.

"Pelanggarannya sudah jelas maka kita proses, terkait sanksi ringan dan sanksi berat bahkan sampai tingkat pemecatan itu tergantung putusan komisi aparat sipil negara (KASN)," tutup Khalid. (IVAN)

Berita Terkait