Sabtu, 23 Juni 2018 | 07:30:47 WIB

Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke-73 Di Mabesal

Jum'at, 1 Juni 2018 | 19:57 WIB
Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke-73 Di Mabesal

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Peringatan Hari lahir Pancasila Ke-73 Tahun 2018 diperingati secara sederhana dalam bentuk upacara namun khidmat, di Lapangan Apel Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat(1/6).  Pada upacara ini, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) yakni Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksda TNI Karma Suta.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Dalam  sambutan Presiden Joko Widodo yang dibacakan oleh Aspers Kasal mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu, momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila serta mengamalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyrakat dunia.

Lebih lanjut dalam amanat Presiden menegaskan bahwa, Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara.

"Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong," tegas Presiden pada amanat yang dibaca oleh Aspers Kasal.

Diakhir amanat, Presiden Joko Widodo mengajak para Ulama, para Tokoh Agama, para Guru dan Ustad, para Politisi dan jajaran aparat Pemerintah, para Anggota TNI dan Polri, para Pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen Bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian. Semangat bersatu, berbagi, dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.

Upacara tersebut, diikuti sekitar 600 personel TNI AL yang terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS yang berdinas di Mabesal. (ARMAN R)

Berita Terkait