Sabtu, 23 Juni 2018 | 07:30:03 WIB

Kapushidrosal Inspeksi Survei Hidro-Oseanografi di Bumi Laskar Pelangi

Senin, 4 Juni 2018 | 02:59 WIB
Kapushidrosal Inspeksi Survei Hidro-Oseanografi di Bumi Laskar Pelangi

(FOTO: Disinfolahta/LINDO)

TANJUNGPANDAN, LINDO - Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi  TNI Angkatan laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., melaksanakan inspeksi Survei Hidro-Oseanografi di perairan Tanjungpandan Pulau Belitung  Provinsi Bangka Belitung.

Survei hidro - oseanografi ini dilaksanakan dalam rangka update data batimetri alur pelabuhan Tanjung Pandan sesuai Peta Laut Indonesia No. 64 tahun 2011.

Pushidrosal berdasarkan Perpres RI No. 164 tahun 1960 dinyatakan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, diperkuat dengan Perpres RI No.  62 tahun 2016 sebagai Kotama Pembinaan TNI AL,  bertugas melaksanakan kegiatan survei dan penelitian hidro - oseanografi di perairan Indonesia untuk kepentingan umum dan militer dengan tingkat ketelitian  sesuai standar internasional SP. 44 IHO.

Survei dan Pemetaan yang dilaksanakan oleh Pushidrosal ini memiliki nilai strategis dalam rangka mendukung program konektivitas tol laut dan visi pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Hal ini sejalan dengan kegiatan Pemda Belitung yang saat ini sedang mengoptimalkan pembangunan perekonomian berbasis kelautan, yang  juga selaras dengan filosofi hidrografi merupakan kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan suatu negara.

Turut mendampingi Kapushidrosal dalam inspeksi tersebut, Diropssurta Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Drs. Haris Djoko Nugroho M.Si, Kasubditrenum Ditrena Pushidrosal Letkol Laut (P) Iswantono, S.Si.M.M, Komandan Lanal Bangka Belitung  Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto, SE.

Kapushidrosal meninjau secara langsung Posko tim Survei yang berada di Posal Mendanau, sebagai salah satu bentuk apresiasi  atas kinerja seluruh tim survei dalam rangka mendukung Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi di perairan Tanjung Pandan.

Pada kesempatan tersebut, pemimpin Pushidrosal menerima paparan dari Komandan Unit Survei Kerta Wardana 02 - 2018 Mayor Laut (P) Jaenal Mutakim, ST, meliputi teknis dan metode survei serta hasil survei yang sedang dilaksanakan, antara lain, penggambaran detail angka kedalaman laut dan kontur, bahaya navigasi dan kedangkalan yang ditemukan serta nantinya digambarkan alur masuk pelabuhan yang direkomendasikan oleh Tim Survei.  Disamping itu dilaksanakan juga pengamatan oseanografi,  meteorologi dan  informasi geografi maritim.

Nantinya data yang  didapatkan oleh tim survei  akan segera divalidasi dan diolah  di Pushidrosal untuk selanjutnya disajikan dalam bentuk peta kertas,  peta elektronik dan publikasi nautika untuk mendukung kepentingan umum dan militer.

Diakhir peninjauan, Kapushidrosal menekankan agar Tim Survei tetap semangat dan solid serta menjadikan tugas survei sebagai bagian dari ibadah dlm rangka mendukung optimasi tugas, fungsi dan peran Pushidrosal sbg lembaga hidrografi nasional dan pusat informasi geospasial kelautan. (Disinfolahta)

 

Berita Terkait