Rabu, 24 April 2019 | 21:27:42 WIB

Pasis Seskoau Angkatan 55 TP 2018 Adakan Kuliah Kerja II Di Makohanudnas

Senin, 2 Juli 2018 | 17:05 WIB
Pasis Seskoau Angkatan 55 TP 2018 Adakan Kuliah Kerja II Di Makohanudnas

(FOTO : PENKOHANUDNAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus, S.E, menghadiri pembukaan Kuliah Kerja II Pasis  Seskoau angkatan ke-55 tahun pelajaran 2018, di Aula Leo Wattimena, Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (2/7).   

“Melalui Kuliah Kerja II ini, saya harapkan Pasis Seskoau dapat mengenal dan mengetahui mekanisme pembuatan naskah Rencana Tindakan Kontijensi (Rentinkon) Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) dalam menghadapi kemungkinan timbulnya kontijensi di wilayah udara nasional pada tahun 2019 mendatang,” harap Marsda TNI Imran Baidirus saat memberikan kata sambutan pada pembukaan Kuliah Kerja II Pasis Seskoau angkatan ke-55 tahun pelajaran 2018.  

Menurutnya, pembuatan naskah Rentinkon oleh Kotama Ops TNI dalam hal OMSP merupakan upaya untuk meminimalisir dampak dari ketidakpastian dengan melakukan pengembangan skenario dan proyeksi kebutuhan saat keadaan darurat terjadi.

Sehingga kata Pangkohanudnas, apabila terjadi peristiwa darurat, Kotamaops Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah memiliki kesiapan mengantisipasi dan bertindak secara cepat, terarah dan efektif.  

Sementara itu, Komandan Seskoau Marsda TNI Donny Ermawan T.,M.D.S., menyampaikan, Kuliah Kerja II merupakan upaya pembelajaran bagi Pasis Seskoau guna memantapkan diri dalam penyusunan naskah rentinkon Kotamaops TNI dengan segala aspeknya.

Untuk itu, guna pembagian pekerjaan dari keseluruhan Pasis akan dibagi ke dalam dua sub kelompok kecil yaitu subkelompok 1 dan 2, untuk kemudian membentuk 1 kelompok utama,” ujar Marsda TNI Donny Ermawan. 

Naskah awal rentinkon Pasis Seskoau tambahnya, akan dipaparkan dihadapan Kaskohanudnas pada hari ke- 2 dan pada hari ke-3 sebelum penutupan setelah naskah disempurnakan akan dipaparkan di hadapan Pangkohanudnas.

Kuliah Kerja II Pasis Seskoau bertemakan “Perwira Siswa Seskoau Angkatan ke-55 Tahun Pelajaran 2018 melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja II/ Pelaksanaan Rentinkon di Kohanudnas dan Koopsau I dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pelaksanaan Rentinkon OMSP Kotamaops TNI”.

Kegiatan di Kohanudnas ini diikuti 60 perwira siswa, dilaksanakan selama tiga hari ke depan dipimpin Komandan Seskoau Marsda TNI Donny Ermawan T didampingi para pejabat Seskoau, dosen dan para perwira penuntun Seskoau.  Dari pejabat Kohanudnas nampak hadir Kas Kohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa, Inspektur Kohanudnas Kolonel Lek Pujianto,para asisten, dan staf ahli.  (ARMAN R)

Berita Terkait