Minggu, 23 September 2018 | 13:53:29 WIB

Rapat Pleno Berlangsung, Ratusan Massa AGK-YA Seruduk Kantor KPU Malut di Sofifi

Minggu, 8 Juli 2018 | 18:41 WIB
Rapat Pleno Berlangsung, Ratusan Massa AGK-YA Seruduk Kantor KPU Malut di Sofifi

Ratusan massa yang tergabung dalam pendukung dan simpatisan AGK-YA pada Sabtu (7/7) siang melakukan aksi unjuk rasa damai di bundaran Hi dan depan SPBU Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. (FOTO: RIDWAN/LINDO)

SOFIFI, LINDO - Ratusan massa yang tergabung dalam pendukung dan simpatisan AGK-YA pada Sabtu (7/7) siang melakukan aksi unjuk rasa damai di bundaran Hi dan depan SPBU Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Dalam aksi itu, masa juga membakar sejumlah ban bekas di jalan raya namun tidak menggangu aktivitas kendaraan roda empat maupun roda dua.

Salah satu orator dari masa aksi AGK-YA menyampaikan bahwa mereka menginginkan agar KPU Provinsi Maluku Utara benar-benar  memutuskan hasil Pilgub Maluku Utara berdasarkan hasil perolehan suara.

Selain itu, mereka juga meminta agar KPU Malut juga harus melihat dengan jeli kasus kecurangan yang terjadi di beberapa daerah.

Mereka mengakui bahwa aksi hari ini adalah mengawal hasil pleno KPU Provinsi Maluku Utara yang mulai pada Sabtu (7/7) pagi hingga Senin (9/7).

Pihak keamanan yang di turunkan untuk mengawal pleno KPU Provinsi Maluku Utara mulai dari Polda Malut dan TNI juga turut serta menjaga keamanan di kantor KPU Provinsi Maluku Utara.

Sejumlah titik yang di persiapkan mulai dari depan SPBU Sofifi dan Bundaran HI Sofifi untuk menjaga-jaga agar masa aksi dari AGK-YA dan masa AHM-RIVAI tidak dapat melakukan hal-hal yang dapat merugikan masyarakat.

Aksi semula berjalan aman dan damai, namun berapa jam kemudian massa aksi dari AGK-YA melakukan penerobosan blokade aparat kepolisian.

Mereka kemudian saling bentrok dan melakukan pelemparan batu ke arah kepolisian sehingga terjadi ricuh namun tidak korban jiwa. Insiden itu tidak terlalu lama karena aparat Kepolisian mampu mengkendalikan suasana dan kembali kondisif. (RIDWAN)

 

Berita Terkait