Sabtu, 23 Juni 2018 | 17:17:00 WIB

Saluran yang Ambruk Akibat Banjir di desa Tanjong Selamat Sedang Diperbaiki

Kamis, 21 Januari 2016 | 23:56 WIB
Saluran yang Ambruk Akibat Banjir di desa Tanjong Selamat Sedang Diperbaiki

Kepala Dinas Pengairan Pertambangan dan Energi Kabupaten Bireuen Ismunandar (dua dari kanan) sedang memperhatikan saluran irigasi yang rusak akibat diterjang banjir bandang di desa Tanjong Selamat, kecamatan Peudada, kabupaten Bireuen, Banda Aceh, Kamis (21/1). (FOTO: TARMIZI/LINDO)

BIREUEN, LINDO - Kepala Dinas Pengairan Pertambangan dan Energi kabupaten Bireuen Ismunandar meninjau langsung ke lokasi pekerjaan saluran irigasi yang ambruk akibat di terjang banjir bandang beberapa hari lalu di desa Tanjong Selamat, kecamatan Peudada, kabupaten Bireuen, provinsi Banda Aceh, Kamis (21/1).

Kadis Ismunandar menjelaskan saluran ini merupakan saluran pembuangan yang menuju ke waduk Paya Sikameh, dengan tujuan agar air tersebut bisa mengalir ke persawahan milik warga yang ada di desa Tanjong Selamat. 

Namun sayangnya kata dia, akibat hujan deras yang melanda kabupaten Bireuen pada beberapa hari lalu mengakibatkan saluran tersebut ambruk dan beberapa titik bangunan itu hancur terbawah derasnya banjir bandang.

"Saluran ini dibuat agar air bisa mengalir ke persawahan milik warga yang ada di desa sekitar sini. Karena diterjang banjir bandang makanya sebagian bangunan ini hancur berantakan dan kami akan selesaikan secepatnya," kata Ismunandar.

Ismunandar juga menjelaskan pihak rekanan pada Kamis (21/1) ini, sudah mulai mengerjakan dan memperbaikinya kembali agar saluran ini bisa di gunakan oleh warga disekitar persawahaan.

"Hari ini pihak rekanan sudah mulai bekerja memperbaiki bagian saluran air yang rusak. Targetnya cepat selesai dalam waktu singkat, karena warga disini ingin menggunakan saluran ini untuk mengalirkan airnya ke sawah mereka," ujarnya.

Ia menambahkan sejauh ini para pekerja terlihat sedang melaksanakan pengecoran kembali di bagian saluran yang ambruk di sebelah barat. Pekerja juga siap memperbaiki kembali, begitu juga di sebelah timur, dinding saluran yang hancur sudah di bersihkan dan di pastikan akan segera selesai.

"Dalam waktu dekat ini jika hujan deras tidak turun maka dengan jangka waktu tiga hari kedepan, saluran irigasi ini akan siap di rehap kembali,” tutur Ismunandar. (TARMIZI A GANI)

Berita Terkait