Senin, 16 Juli 2018 | 06:01:17 WIB

Siapkan Personel Kesehatan KRI, Diskes Koarmada I Gelar Latops Matra Laut Bidang Kesehatan

Senin, 9 Juli 2018 | 21:36 WIB
Siapkan Personel Kesehatan KRI, Diskes Koarmada I Gelar Latops Matra Laut Bidang Kesehatan

(FOTO : DISPENKOARMADA1/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Koarmada I Kolonel Laut (K) dr. Gigih Imanta Jayantri, SP. PD, secara resmi membuka Latihan Operasi Matra Laut Bidang Kesehatan TW II Tahun 2018, di Aula Diskes Koarmada I, Jakarta Pusat, Senin (9/7).

Latihan Operasi (Latops) Matra Laut Bidang Kesehatan TW II Tahun 2018 diikuti 30 peserta Bintara dan Tamtama dari Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dari berbagai satuan di jajaran Koarmada I, yang dititikberatkan untuk meningkatkan kemampuan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) bagi ABK KRI, agar dapat bertindak secara terampil dalam menangani kegawatdaruratan di kapal.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan dan meningkatkan kemampuan personel KRI secara perorangan dalam merespon, tanggap dalam kegawatdaruratan medis yang terjadi selama penugasan di KRI yang sifatnya jauh dari fasilitas kesehatan, sehingga bisa menolong dirinya sendiri dan orang lain. Selain itu, kegiatan latihan ini bertujuan untuk menyiapkan anggota KRI yang belum mendapat Personel Bintara Kesehatan agar terlatih tentang P3K,” terang Kolonel Laut (K) Gigih Imanta Jayantri.

Ada tiga hal sasaran lanjutnya, yang ingin dicapai pada latihan ini, yaitu Pertama, terwujudnya pengetahuan, kemampuan dan keterampilan Personel KRI tentang P3K dalam rangka pelaksanaan dukungan kesehatan operasional di Koarmada I.

Kedua, Untuk melatih dan meningkatkan kemampuan Personel KRI dalam melakukan pemeriksaan awal dan penanganan kedaruratan medik serta evakuasi medis di kapal.

Ketiga, Menanggulangi kejadian kegawatdaruratan medis di kapal selama penugasan yang sifatnya jauh dari fasilitas kesehatan sehingga bisa meolong dirinya sendiri maupun ABK KRI yang lain sehingga dapat mengurangi resiko kematian, kecacatan dan mempermudah pelayanan medis lebih lanjut.

“Diharapkan kepada peserta latihan ini hendaknya benar-benar memanfaatkan ilmu pengetahuan yang diberikan oleh instruktur baik teori maupun praktek. Semoga ilmu yang didapat selama mengikuti latihan dapat terserap dengan baik dan bermanfaat dalam pelaksanaan tugas selanjutnya,” harap Kadiskes Koarmada I. (ARMAN R)

Berita Terkait