Rabu, 14 November 2018 | 20:49:04 WIB

Kadispenau Audiensi Dengan Gubernur DIY Tentang Pengembangan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Rabu, 11 Juli 2018 | 16:12 WIB
Kadispenau Audiensi Dengan Gubernur DIY Tentang Pengembangan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Kadispenau Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga (paling kiri) didampingi Kepala Museum saat audiensi kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X (No 2 dari kiri), di Kantor Gubernur DIY. (FOTO : DISPENAU/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M melaksanakan audiensi tentang pengembangan Museum Dirgantara Mandala kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, di Kantor Gubernur DIY, Selasa (11/7).

Dalam kesempatan audiensi tersebut, Kadispenau yang didampingi Kepala Museum Dirgantara Mandala Kolonel Sus Dede Nashrudin dan Bapak Sinang Aribowo, menyampaikan rencana pengembangan Museum Dirgantara Mandala (Muspusdirla) untuk menjadi destinasi wisata edukasi yang lebih maju dan modern serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai serta kelengkapan koleksi pesawat yang belum terlaksana.

Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga menyampaikan, Muspusdirla merupakan salah satu tempat untuk menanamkan nilai-nilai luhur sejarah perjuangan bangsa, khususnya nilai-nilai perjuangan yang dilakukan oleh para pendahulu Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU). 

Di museum yang menempati areal seluas lebih kurang 5 hektar dengan luas bangunan sekitar 8.765 meter persegi itu, tersimpan 55 pesawat. Ke-55 pesawat terdiri dari berbagai jenis, baik pesawat angkut, pesawat latih maupun pesawat tempur, dan saat ini telah dilengkapi dengan museum engine.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono menyambut baik rencana pengembangan Landscape Museum TNI AU tersebut dan berharap, pengembangan museum TNI AU bisa memberikan kontribusi positif pada kemajuan Wisata Edukasi di Yogyakarta.

Beberapa masukan tekhnis juga disampaikan oleh Gubernur DIY terkait rencana pengembangan tersebut. (ARMAN R)

 

Berita Terkait