Senin, 23 Juli 2018 | 14:59:11 WIB

Masyarakat Sabang Antusias Berkunjung Ke Kapal Perang India

Kamis, 12 Juli 2018 | 10:48 WIB
Masyarakat Sabang Antusias Berkunjung Ke Kapal Perang India

(FOTO : LANALSABANG/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kedatangan kapal perang di Sabang memberikan suasana baru di Pelabuhan Sabang,  Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sabang  Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E mengajak masyarakat Kota Sabang berkunjung atau open ship ke Kapal Perang Asing India INS Sumitra P-59, saat kapal perang ini, tersebut sandar di dermaga CT 3, Kota Sabang, Aceh, Rabu (11/7).

 

Masyarakat, pelajar dari beberapa  sekolah, Dishub Sabang dan BNN yang hadir dalam kegiatan open ship ini, sangat antusias dengan kesempatan yang diberikan Lanal Sabang bekerja sama dengan pihak INS Sumitra.

 

Selama berada di dalam kapal, para pengunjung diajak mengelilingi kapal dipandu oleh Anak Buah Kapal (ABK) Kapal perang yang selanjutnya diberikan penjelasan secara singkat tentang beberapa bagian - bagian kapal, fungsi peralatan yang ada di kapal perang India tersebut. Sebelum naik kapal, seluruh pengunjung dilakukan pemeriksaan oleh pihak intelijen Lanal Sabang.

 

Kolonel Laut (P) Edi Haryanto menyampaikan, kunjungan kapal perang India di Indonesiaa, khususnya di Sabang, merupakan wujud persahabatan kedua belah pihak  Angkatan perang terutama Matra laut, karena Indonesia dan India yang berbatasan laut secara langsung, sehingga memiliki kepentingan yang sama untuk menjaga keamanan perairan kedua negara .

 

Menurutnya, dengan saling mengunjungi dengan kapal perang merupakan salah satu perwujudan peran universal Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam melaksanakan Naval Diplomacy. (ARMAN R)

Berita Terkait