Rabu, 12 Desember 2018 | 08:08:02 WIB

Pangkohanudnas Pimpin Sertijab Pangkosekhanudnas III Medan

Kamis, 12 Juli 2018 | 19:00 WIB
Pangkohanudnas Pimpin Sertijab Pangkosekhanudnas III Medan

(FOTO : PENKOHANUDNAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) III Medan, dari Marsma TNI Ir. Tri Bowo Santoso, M.M., M.Tr (Han) (alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1989) kepada Kolonel Pnb Jhon Amarul (alumni AAU tahun 1993), di lapangan apel Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (12/7). 

Pejabat Pangkosekhanudnas III Medan yang lama selanjutnya akan menjabat Komandan Lanud Maksum Harun, Jayapura, Papua, sedangkan pejabat baru sebelumnya adalah mantan ajudan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI).

Marsda TNI Imran Baidirus dalam sambutannya mengatakan, Sertijab ini memiliki makna penting dan strategis, karena terkait dengan dinamika proses kesinambungan pembinaan secara menyeluruh baik pembinaan organisasi, pembinaan personel maupun regenerasi di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Hal ini merupakan suatu proses yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi.  Kosekhanudnas III Medan merupakan salah satu ujung tombak Kohanudnas dalam melaksanakan operasi pertahanan udara nasional di wilayah Barat Indonesia,” terang Marsda TNI Imran Baidirus.

Sesuai dengan mekanisme Sishanudnas lanjutnya, Pangkosekhanudnas III menerima limpahan wewenang dari Panglima Kohanudnas untuk melaksanakan pengendalian dalam penyelenggaraan operasi pertahanan udara di wilayahnya.

Tugas-tugas Kosekhanudnas III, antara lain menyelenggarakan dan mengendalikan operasi  pertahanan udara dalam rangka menegakaan kedaulatan negara di udara, melindungi obvitnas di lima wilayah otoritas mulai dari provinsi Jambi, Riau,Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Rangkaian upacara Sertijab meliputi pemeriksaan pasukan, pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan pakta integritas, prosesi sertijab dan sambutan inspektur upacara. 

Setelah pelaksanaan sertijab Pangkosekhanudnas III, dilanjutkan Ibu-ibu IKKT Cabang IV Kohanudnas juga melaksanakan sertijab Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Cabang 04 Kosekhanudnas III, di Gedung Leo Wattimena Makohanudnas.  

Usai Sertijab dilaksanakan tradisi menerima dan melepas pejabat meliputi pesan dan kesan, perkenalan pejabat baru, pemberian cinderamata dan mengantar pejabat lama meninggalkan Makohanudnas.  

Bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Lek Chandra Kelana yang merupakan Komandan Satrad 232 Dumai. Hadir dalam acara sertijab tersebut para Pangkosekhanudnas I, II, IV serta Danpusdiklathanudnas, pejabat dari Makohanudnas dan Kosekhanudnas I, Ibu-ibu IKKT Pragati Wira Anggini Cabang BS Kohanudnas serta undangan lainnya. Dengan pasukan upacara meliputi perwira, bintara, tamtama dan PNS Kohanudans serta diiringi Satsik dari Denma Mabesau. (ARMAN R)

Berita Terkait