Jumat, 20 Juli 2018 | 09:43:31 WIB

Lantamal XII Pontianak Gelar Latihan Keamanan Laut Tw. II Tahun 2018

Kamis, 12 Juli 2018 | 20:15 WIB
Lantamal XII Pontianak Gelar Latihan Keamanan Laut Tw. II Tahun 2018

(FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantanmal) XII Pontianak menggelar Latihan Keamanan Laut (Kamla) Tw. II Tahun. 2018, yang dibuka oleh Asops Danlantamal XII Letkol Laut (P) Herianto Tensianus Angi mewakili Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XII Laksma TNI Greg. Agung W. D. M. Tr. (Han), yang di ikuti prajurit yang bertugas di Pos Angkatan Laut (Posal) dan Posmat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) jajaran Lantamal XII, di Gedung Malahayati Mako Lantamal XII, Jalan Kom. Yos. Sudarso, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (11/7).

Letkol Laut (P) Herianto Tensianus Angi  menyampaikan, TNI AL bertugas menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yuridiksi nasional, sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi.

“Lantamal XII Pontianak merupakan salah satu komponen utama pertahanan negara di laut dengan wilayah kerja Lantamal XII, yang meliputi perairan Selat Karimata yang dilalui Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I), Laut Natuna dan perairan perbatasan dengan negara tetangga/Malaysia yang memiliki potensi munculnya pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut, serta dalam rangka mendukung salah satu tugas pokok dan fungsi lantamal XII dan penyelenggaraan operasi keamanan laut terbatas di wilayah kerja Lantamal XII,” jelas Asops Danlantamal XII.

Para peserta juga lanjutnya, agar mengikuti pelatihan Kamla ini dengan mencermati yang di sampaikan nara sumber, agar dapat di terapkan dalam penugasan di wilayah Posal/Posmat, dengan harapan ke depan lebih ditingkatkan dalam capaian operasional Kamla dan menjalin kerjasama yang baik dengan instansi terkait.

“Tujuan dilaksanakannya latihan Kamla Th. 2018 Lantamal XII ini, untuk meningkatkan kemampuan personel yang bertugas di Posal/Posmat jajaran Lantamal XII didalam penguasaan peraturan perundang - undangan dan kesamaan pola pikir dan pola tindak dalam pelaksanaan tugas pokok keamanan laut secara profesional dan proposional,” terangnya.

Asops Danlantamal XII berharap latihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan prajurit yang bertugas di Posal/Posmat dalam laksanakan tugas Operasional Keamanan Laut Terbatas (Opskamlatas) dengan kemampuan personel menggunakan sarana patroli dengan “Zero Accident" di wilayah yuridiksi kerja Lantamal XII.

Latihan Keamanan Laut (Latkamla) Tw. II Tahun 2018, yang digelar selama tiga hari, melibatkan nara sumber dari Dinas Hukum Lantamal XII, Unsur maritim KSOP, PSDKP, DJBC Pontianak Kota, dengan pemberian materi tentang Tindak pidana perikanan, Prosedur pemeriksaan tindak pidana di laut, Tindak pidana pelayaran, Tindak pidana kepabeanan, Pemberkasan KAL/KRI dan Pemberkasan pangkalan.

Hadir dalam pembukaan Latkamla TW. II Tahun 2018, Komandan Satrol Lantamal XII, Kasatker Lantamal XII serta Perwira Staf. (ARMAN R)

Berita Terkait