Senin, 20 November 2017 | 16:37:21 WIB

Warga Akui Proyek Drainase Perumnas Bekasi Minimalisasi Banjir

Jum'at, 22 Januari 2016 | 02:02 WIB
Warga Akui Proyek Drainase Perumnas Bekasi Minimalisasi Banjir

Anggota Komisi-B DPRD Bekasi melakukan sidak ke lokasi pembangunan gorong-gorong untuk pencegah banjir di Perum 3 Bekasi Timur. (FOTO: IST/LINDO)

BEKASI, LINDO - Sejumlah warga di Perumnas 3, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, menilai proyek saluran air yang dikerjakan pemerintah setempat pada 2015 efektif meminimalisasi banjir.

"Sepanjang musim hujan 2016, kami tidak melihat lagi genangan air di Jalan Nusantara yang merupakan jalan utama perumahan kami," kata warga setempat Anji (33) di Bekasi, Kamis (21/1).

Menurut dia, ruas jalan tersebut selama ini kerap digenangi air saat terjadi hujan sehingga memutus arus transportasi masyarakat setempat.

"Biasanya setiap hujan sebentar saja air langsung penuh di saluran air dan meluap ke ke jalan dengan ketinggian sampai betis orang dewasa," katanya.

Saat hujan deras, kata dia, luapan dari saluran air yang mengalami sedimentasi itu kerap masuk ke rumah-rumah warga.

Namun pada 2015, kata dia, Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi melakukan rehabilitasi terhadap salurun air di lokasi tersebut dan meninggikan badan jalan.

Proyek senilai total Rp10 miliar itu dikerjakan dengan cara membuat saluran air yang lebih lebar dan perbaikan sistem pembuangan air menuju aliran sungai.

"Saluran air jadi lancar dan dapat menampung air lebih banyak," kata warga lainnya Satria (29).

Menurut dia, kualitas perbaikan infrastruktur di wilayahnya itu diharapkan dapat bertahan lama.

"Mudah-mudahan bisa bertahan lama dan kami warga siap bergotong royong melakukan perawatan rutin," katanya. (ANT)

EDITOR : EDITOR: ALDY MADJIT

Berita Terkait

Baca Juga