Rabu, 24 Oktober 2018 | 06:15:12 WIB

Danrem 162/WB : Penambahan Sasaran TMMD, Gunakan Dana Swadaya Masyarakat

Selasa, 17 Juli 2018 | 14:29 WIB
Danrem 162/WB : Penambahan Sasaran TMMD, Gunakan Dana Swadaya Masyarakat

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani. (FOTO : KODIM1615/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Korem (Danrem) 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., S.H., M.Han., menyampaikan, pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 102 tahun 2018 wilayah Kodim 1615/Lotim, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menyampaikan hingga saat ini beberapa sasaran fisik masih dikerjakan oleh Kodim 1615/Lotim yang dikomandani Letkol Inf Agus Setiandar, S.IP., selaku Dandatgas TMMD ke 102.

 

Adapun sasaran fisik yang dimaksud, yakni pembukaan jalan baru usaha tani di dua tempat, perehaban Mushola, pembanguan Pos keamanan lingkungan (Poskamling) dan pembuatan Duiker maupun gorong-gorong. 

 

"Masyarakat juga meminta penambahan sasaran di luar program seperti pembuatan teras dan tempat wudhu di dua Mushola maupun pembukaan jalan baru sekitar 2 km," ungkap Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani. 

 

Masyarakat lanjutnya, minta pembukaan jalan transportasi menuju kebun sepanjang 150 meter, di luar 2 km, karena apabila menggunakan akses jalan yang lama akan memutar dan membutuhkan dana yang lebih besar sehingga harus memotong kompas agar lebih dekat.

 

Menurutnya, Satgas TMMD hanya mengerjakan pembukaan jalan dengan membuat badan jalan yang diperkeras dan mengenai dana tambahan jalan langsung dari swadaya masyarakat, karena ini diluar program, dan selanjutnya diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk dilanjutkan pada tahapan berikutnya.

 

"Dalam pelaksanaan TMMD, yang penting kita action dulu dengan tetap melaksanakan koordinasi yang humanis kepada masyarakat maupun pihak-pihak yang terkait untuk kelancaran dan kesuksesan TMMD," ujar Danrem 162/WB. (ARMAN R)

Berita Terkait