Minggu, 21 Oktober 2018 | 02:47:10 WIB

Pangkoarmada I : Waspadai Cyber Narcoterorism Dan Peduli Keselamatan Pelayaran

Selasa, 17 Juli 2018 | 22:08 WIB
Pangkoarmada I : Waspadai Cyber Narcoterorism Dan Peduli Keselamatan Pelayaran

(FOTO : DISPENKOARMADA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Jajaran prajurit Koarmada I agar mampu mewaspadai cyber narcoterorism yang saat ini sedang menyerang bangsa Indonesia dan peduli terhadap keselamatan pelayaran.

Hal itu disampaikan oleh Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membacakan amanat Panglima TNI saat memimpin Upacara Bendera 17-an di Dermaga Sunda Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta Utara, Selasa (17/7).

Dalam Amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP yang dibacakan Pangkoarmada I, menyampaikan kita semua patut bersyukur bahwa agenda politik nasional berupa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 171 wilayah di Indonesia yang tersebar di 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten, telah berjalan dengan tertib dan aman, tanpa ada gejolak kericuhan yang berarti.

Panglima TNI menyampaikan apresiasi yang tinggi atas peran serta dan kerja keras para prajurit dan PNS TNI yang telah ikut bekerja menjaga kelancaran setiap proses pentahapan Pilkada.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas komitmen netralitas yang telah ditunjukkan Prajurit TNI, di mana netralitas tersebut menjadi salah satu kunci pesta demokrasi yang berlangsung dengan damai,” terangnya.

Selain itu, Panglima TNI juga menyampaikan program nasional yang perlu mendapat perhatian selanjutnya yaitu perhelatan akbar Asian Games ke-18 yang akan dilaksanakan pada 18 Agustus sampai dengan 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Untuk itu, Panglima TNI memerintahkan kepada segenap Prajurit dan PNS TNI untuk turut serta mendukung dan mensukseskan jalannya perhelatan akbar berskala internasional tersebut dengan membantu mempromosikan kepada seluruh komponen bangsa dan masyarakat umum sesuai ajakan Presiden Joko Widodo.

Panglima TNI juga menyoroti munculnya kelompok baru yaitu Cyber Narcoterorism, suatu kelompok yang menggunakan dunia maya sebagai wahana untuk mengedarkan dan menyalahgunakan narkotika yang hasilnya digunakan untuk membiayai kegiatan terorisme.

Untuk itu Panglima TNI mengajak kepada segenap Prajurit dan PNS TNI, agar mewaspadai dan mengantisipasi serta mencegah secara dini Cyber Narcoterorism yang menjadi musuh bersama bangsa Indonesia bahkan menjadi musuh bangsa-bangsa di dunia.

Selain Cyber Narcoterorism, Panglima TNI juga prihatin terhadap peristiwa kecelakaan pelayaran, selama bulan Juni dan Juli tahun 2018. Kecelakaan pelayaran terjadi di Tanah Air, mulai dari tenggelamnya kapal tradisional KM. Arista di Perairan Makassar, tenggelamnya KM. Sinar Bangun di Perairan Danau Toba yang menelan ratusan korban yang dinyatakan hilang, serta yang terakhir terjadi diawal bulan Juli adalah Kapal Feri Lestari Maju yang tenggelam di Perairan Selayar Sulawesi Selatan. Peristiwa ini hendaknya menjadi pelajaran bagi kita semua untuk benar-benar melaksanakan prosedur yang telah digariskan dengan baik dan disiplin. (ARMAN R)

Berita Terkait