Selasa, 13 November 2018 | 12:12:45 WIB

OSIS SMAN 2 Singkep Fokus Perkuat Karakter Siswa

Rabu, 1 Agustus 2018 | 09:35 WIB
OSIS SMAN 2 Singkep Fokus Perkuat Karakter Siswa

OSIS SMAN 2 Singkep Fokus Perkuat Karekter

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang menjadi tempat siswa belajar organisasi harus dimaksimalkan fungsinya. Salah satunya adalah sebagai wadah penguatan karakter. Apalagi penguatan karakter siswa telah menjadi perhatian serius pemerintah saat ini.  Melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 serta Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018, pemerintah berharap salah satu fokus kegiatan pendidikan adalah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

 

Sebagai implementasi dari gerakan PPK ini, OSIS SMAN 2 Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau melakukan sebuah aktifitas rutin yang disebut dengan Maghrib Mengaji. Karena sekolah ini memandang salah satu aspek terpenting dalam pembentukan karakter adalah aspek regiulitas.

 

“Kita ingin niat baik pemerintah ini disambut baik oleh seluruh insan pendidikan, termasuk guru di sekolah. Salah satu jalan untuk mengimplementasikannya adalah melalui wadah organisasi siswa di sekolah, seperti OSIS misalnya,” jelas Pembina OSIS SMAN 2 Singkep, Syafitriandy, S.Pd.I

 

Menurut guru yang juga salah satu sastrawan Provinsi Kepulauan Riau ini OSIS sebagai tempat pembinaan leadership siswa harus dikuatkan dengan karakter yang kuat pula. Agar kelak ketika mereka menjadi pemimpin di zamannya, mereka bisa bertahan dan tetap berintegritas.

 

“Salah satu hal yang kami lakukan untuk memberikan imunisasi pengautan karakternya mereka adalah melalui program Maghrib Mengaji ini. Selain mengoptimalkan waktu mereka, kegiatan yang berlangsung dua hari seminggu ini juga untuk menumbuhkan kemandirian dan integritas peserta didik. Persis seperti amanat yang disampaikan pemerintah tersebut,” jelas guru bloger ini.

 

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Singkep, Hendy Wijaya,S.Pd menambahkan  penguatan karakter siswa merupakan hal yang terpenting dalam membangun kepribadian siswa baik penguatan aspek kemandirian maupun integritas siswa.

 

Berita Terkait