Selasa, 23 Oktober 2018 | 08:30:17 WIB

TNI AD - US Army Latma “Garuda Shield-12”

Kamis, 2 Agustus 2018 | 22:46 WIB
TNI AD - US Army Latma “Garuda Shield-12”

(FOTO : DISPENAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif)  2 Kostrad Mayjen TNI Marga Taufiq memimpin upacara pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield-12 tahun 2018, di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir, Situbondo, Jawa Timur, Senin (30/7).

Mayjen TNI Marga Taufiq mengatakan, Latma Garuda Shield merupakan upaya memberikan pemahaman dan keseragaman bagi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat  (TNI AD) maupun US Army sebagai pasukan pemulihan keamanan Perserikatan Bangsa -Bangsa (PBB).

“Hal itu sangat penting, karena pengiriman pasukan di bawah bendera PBB diperlukan untuk memelihara dan menjaga perdamaian dunia, akibat adanya beberapa konflik yang terjadi di beberapa negara,” terang Mayjen TNI Marga Taufiq.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Adjutant General of Joint Force, Major General Logan yang didampingi Colonel Burke, atas kesempatan yang diberikan kepada prajurit TNI AD untuk melaksanakan Latma.

Menurutnya, tujuan dari latihan bersama ini selain meningkatkan profesionalisme keprajuritan dan interoperability diantara peserta latihan, juga meningkatkan kerja sama, saling percaya dan persahabatan (confidence building measure) dengan tetap memegang teguh prinsip persamaan derajat dan hubungan timbal balik antar Angkatan Darat kedua negara.

Mayjen TNI Marga Taufiq  menegaskan, sesuai rencana, latihan gabungan ini akan dilaksanakan selama dua minggu, hingga  10 Agustus 2018 mendatang.

“Latma Garuda Shield-12 tahun 2018 ini dibagi menjadi Kolat Gabungan atau Command Training Operation Exercise (CTOX), Geladi Posko atau Command Pos Exercise (CPX), Geladi Lapang atau Field Training Exercise (FTX), Penerbang (Aviation) dan Kesehatan (Medical) serta kegiatan Bhakti Sosial,”ucapnya.

Pangdivif-2 mengungkapkan, dalam Latma Garuda Shield kali ini difokuskan kepada berbagai materi latihan, diantaranya materi operasi perdamaian (PBB), Operasi Lawan Insurjensi, operasi taktis dengan bantuan serangan udara dan evakuasi kesehatan.

“Saya berharap agar pelaksanaan Latihan Bersama Garuda Shield-12 tahun 2018 ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib, serta mencapai tujuan dan sasaran latihan yang telah ditentukan,” harapnya.  (ARMAN R)

Berita Terkait