Minggu, 16 Desember 2018 | 17:48:52 WIB

Pangkohanudnas Pimpin Sertijab Assusmatrad Dan Assusmatla Kohanudnas

Selasa, 7 Agustus 2018 | 20:08 WIB
Pangkohanudnas Pimpin Sertijab Assusmatrad Dan Assusmatla Kohanudnas

(FOTO : PENKOHANUDNAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., memimpin acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Khusus Matra Darat (Assusmatrad) dan Asisten Khusus Matra Laut (Assusmatla) Kohanudnas, dalam suatu  upacara militer, di ruang lobby bawah Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (7/8).

Jabatan Assusmatrad diserahterimakan dari Kolonel Arh. M. Hasyim Laihakim, S.E, M.M., MS.c.,kepada Letkol Arh Sjahrir Riyadi dan jabatan Assusmatla dari Kolonel Laut (P) Chrisanto Budi Maesa Paath kepada Letkol Laut (P) Daru Cahyo Sumirat, S.E.

“Sertijab ini memiliki makna penting dan strategis, karena terkait dengan dinamika proses kesinambungan pembinaan secara menyeluruh, baik pembinaan organisasi, pembinaan personel, maupun regenerasi di lingkungan Tentara Nasionak Indonesia (TNI). Hal ini merupakan suatu proses yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan dan penyegaran organisasi, agar tujuan organisasi dapat lebih optimal, sesuai dinamika dan tuntutan tugas ke depan.” terang Marsda TNI Imran Baidirus.

Kohanudnas lanjutnya, merupakan komando gabungan khusus yang merupakan Komando Utama (Kotama) operasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan komponen TNI AU (Angkatan Udara) sebagai kekuatan inti, yang diperkuat oleh unsur-unsur kekuatan Angkatan lain.

Menurutnya, Assusmatrad dan Assusmatla berkedudukan langsung dibawah Pangkohanudnas yang memiliki tugas memonitor serta mengumpulkan data mengenai kesiapan unsur pertahanan udara TNI Angkatan Darat (AD) dan TNI Angkatan Laut (AL) dalam rangka tugas-tugas operasi pertahanan udara nasional.

“Assusmatrad dan Assusmatla dituntut mampu memberikan saran dan pertimbangan kepada Pangkohanudnas berupa koordinasi fungsional dan komando pengendalian terpusat serta membantu penyusunan, perencanaan dan penilaian piranti lunak yang mengatur unsur-unsur pertahanan udara TNI AD dan TNI AL dalam rangka melaksanakan tugas pokok Kohanudnas,” ujar Panglima Kohanudnas (Pangkohanudnas). 

Usai Sertijab, diadakan kenal pamit antara pejabat lama dan baru dengan perwira Kohanudnas serta pemberian cinderamata dari Pangkohanudnas kepada kedua pejabat lama di Ruang Roesmin Nurjadin, Makohanudnas.  

Diinformasikan Kolonel Arh. M. Hasyim Laihakim, SE, M.M, M.Sc., selanjutnya menjabat Pamen Wantannas (untuk Analis Kebijakan Bidang Pengembangan Jasa dan Pariwisata Kedeputian Pengembangan Setjen Wantannas).

Letkol Arh. Sjahrir Rijadi (Alumni Akmil tahun 1995)  sebelumnya menjabat Kabagbinsiapsat Sdirbinsen Pussenarhanud, Kodiklatad dan Assusmatla Kolonel Laut (P) Chrisanto Budi Maesa Paath selanjutnya sebagai Pamen Mabes TNI AL dan Letkol Laut (P) Daru Cahyo Sumirat, S.E., (Alumni AAL tahun 1996) sebelumnya menjabat Pabandya-1/Progren Srenum TNI. Upacara dihadiri Kaskohanudnas Marsma TNI Arief Mustofa, para pejabat serta perwira Kohanudnas.  (ARMAN R)

Berita Terkait