Minggu, 19 Agustus 2018 | 07:18:55 WIB

Satgas Paskhas Berangkat Menuju Lombok

Selasa, 7 Agustus 2018 | 21:44 WIB
Satgas Paskhas Berangkat Menuju Lombok

(FOTO : DISPENAU/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Wing I Paskhas Kolonel Pas Visnu Hermawan, melepas keberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Paskhas sebanyak 100 Personil jajaran Wing I Paskhas menuju ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (6/8).

Satgas tersebut dipimpin oleh Wakil Komandan Batalyon Komando 467 Mayor Pas Hari Wijayanto.  Satgas Paskhas dikirim dengan maksud membantu penanganan korban pasca gempa.

Sebagaimana diketahui, pada Minggu (5/8) pukul 18.46 Wita telah terjadi gempa bermagnitudo 7 SR yang mengguncang Lombok Utara, dan sekitarnya. Gempa berada di 8.25 LS, 116.49 BT, sekitar 27 km di arah timur laut.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Hingga senin dinihari tercatat 82 orang meninggal dunia akibat gempa, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah rusak. Ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman.

Komandan Wing I Paskhas Kolonel Pas Visnu Hermawan mengatakan, pasukan yang diberangkatkan sebanyak 100 Personil, yang terbagi dalam dua kelompok, terdiri dari tim kesehatan dan tim SAR yang sudah dibekali perlengkapan khusus untuk melaksanakan bantuan dilapangan.

“Selain itu, tidak ada batasan waktu dalam operasi ini dan tempat, di mana mereka nanti akan melaksanakan operasi, nanti akan diatur oleh petugas setempat,” jelasnya.

Seluruh personil berikut perlengkapan yang dibawa diterbangkan dari pangkalan Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat C-130 Hercules dengan tail number A-1315. (ARMAN R)

Berita Terkait