Selasa, 13 November 2018 | 12:14:06 WIB

Minggu Ke Tiga Bencana Di Lombok TNI AL Terus Berikan Bantuan Pengobatan

Senin, 20 Agustus 2018 | 21:41 WIB
Minggu Ke Tiga Bencana Di Lombok TNI AL Terus Berikan Bantuan Pengobatan

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Memasuki minggu ke tiga pasca bencana alam gempa bumi yang melanda Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut ( TNI AL) terus melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), dengan melaksanakan bantuan pengobatan kepada para korban yang berada di pengungsian, salah satunya seperti yang dilaksanakan di Desa Sigerongan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, pekan ini.    

Pada kegiatan kemanusiaan yang digelar di lokasi tersebut, personel TNI AL dari jajaran Lantamal VII Kupang berhasil memberikan bantuan kesehatan kepada lebih dari 100 pasien warga desa Sigerongan, dimana mayoritas para pengungsi ini mengalami gangguan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa).

Selain menderita Ispa, para korban bencana yang saat ini berada di pengungsian juga terdeteksi beberapa penyakit lainnya, seperti belasan orang mengalami nyeri otot, sakit kepala, Hipertensi, kelelahan fisik, ganguan pencernaan, hingga iritasi lambung.

Sebelumnya, TNI AL juga telah mengirimkan pasukan dan tiga unsur Kapal KRI nya sebagai respon atas terjadinya bencana gempa bumi berkekuatan 7.0 SR yang melanda dan memporakporandakan wilayah Lombok, sesaat setelah gempa terjadi. Unsur yang dikerahkan yaitu KRI dr. Soeharso-990, KRI Karel Satsuit Tubun-356, dan KRI Kakap-811.

Selain itu juga, TNI AL mengerahkan pasukan Korps Marinir sebanyak 200 personel yang tergabung dalam Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Marinir TNI AL.

Bertepatan dengan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus yang lalu, TNI AL bekerjasama dengan beberapa lembaga lainnya, mengirimkan 851 ton bantuan ke Lombok dengan menggunakan KRI Banjarmasin-592 yang diberangkatkan dari dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara. Sampai dengan berita ini diturunkan, bahan bantuan tersebut telah tiba di Lombok, dan dalam proses pendistribusian ke titik titik posko bencana. (ARMAN R)

 

Berita Terkait