Sabtu, 17 November 2018 | 07:53:49 WIB

Sejarah Baru, Serda (K) Huswatun Hasanah Persembahkan Medali Tinju Wanita

Rabu, 29 Agustus 2018 | 09:46 WIB
Sejarah Baru, Serda (K) Huswatun Hasanah Persembahkan Medali Tinju Wanita

(FOTO : DISPENAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Serda (K) Huswatun Hasanah, atlet Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) berhasil menaklukkan wakil India, Pavitra dengan skor 3-2  pada kelas ringan 60 kg dalam cabang olahraga tinju Asian Games 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (28/8).

 

Torehan ini sekaligus membuat sejarah baru bagi tinju wanita yang berhasil tembus sampai babak semifinal ajang olahraga elite empat tahunan.

 

Huswatun mengatakan, keberhasilan ini berkat kerja keras dirinya mengikuti instruksi dari pelatih. "Saya tadi banyak melakukan counter lalu masuk (pukulan bersih)," ucap wanita 20 tahun itu.

 

Di babak semifinal Huswatun bakal berhadapan dengan petinju Thailand, Saudaporn Seesonde, pada Jumat (31/8) mendatang.

 

Huswatun mengaku, optimistis dan bertekad bisa meraih emas nantinya. "Masih banyak yang harus dikembangkan seperti strategi, kepercayaan diri, membaca kelemahan lawan," ucap prajurit Wanita yang berdinas di Ditpalad ini.

 

Sementara itu, pelatih tinju Indonesia, Adi Swandana mengatakan, tidak menyangka atas capaian Huswatun. Baginya, Huswatun bukan atlet yang diuggulkan tapi berkat kegigihan dan motivasinya yang tinggi, hal itu bisa tercapai.

 

"Petinju India itu sebetulnya ada di atas kita. Huswatun bisa menang karena dia mengikuti apa yang diinstruksikan pelatih. Ini sebuah kejutan," kata Adi.

 

Huswatun telah mengikuti tiga kejuaraan internasional, diantaranya India Open 2018, Kapolri Cup Internasional di Manado, dan Asian Games 2018.

 

Masyarakat pencinta tinju tanah air tentu berharap, prestasi Huswatun terus meningkat dan dapat mengalahkan lawan-lawannya untuk memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia.

 

Hingga saat, atlet dari TNI AD berhasil menorehkan prestasi bersejarah bagi Indonesia yaitu melalui Huswatun Hasanah (Tinju Wanita) dan Rifiki Ardiansyah (Karate). (ARMAN R)

Berita Terkait