Minggu, 16 Desember 2018 | 10:56:23 WIB

Panglima Kodam XII Tanjungpura Sumpah 333 Prajurit TNI AD

Senin, 10 September 2018 | 15:12 WIB
Panglima Kodam XII Tanjungpura Sumpah 333 Prajurit TNI AD

(FOTO: PENDAM TANJUNGPURA/LINDO)

SINGKAWANG, LINDO - Sebanyak 333 Prajurit Siswa Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang I tahun 2018 ikuti upacara pelantikan dan penyumpahan penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD, di Lapangan Sapta Marga Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XII/Tanjungpura, Sabtu (8/9). Selaku Inspektur upacara Panglima Kodam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah para Tamtama baru, menandakan telah berakhirnya pendidikan pertama Tamtama TNI Angkatan Darat, dengan demikian secara resmi para Tamtama telah memperoleh status sebagai prajurit TNI Angkatan Darat.

Dikatakan Panglima Kodam XII/Tpr, para mantan Siswa ini telah menjalani pendidikan selama 20 minggu dididik dengan berbagai macam materi kemiliteran yaitu, bidang sikap dan perilaku yang meliputi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kesetiaan kepada Negara, ketaatan pada atasan, pelaksanaan tugas berdasarkan hukum dan undang-undang, loyalitas, sikap kemanunggalan TNI Rakyat serta keteladanan sikap dan perilaku.

Lanjut Panglima Kodam XII/Tpr menjelaskan, bahwa  pendidikan Tamtama ini adalah membentuk prajurit siswa untuk menjadi Tamtama TNI Angkatan Darat yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 wajib TNI, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan golongan Tamtama juga memiliki kemampuan jasmani yang samapta.

Selain itu, Panglima Kodam XII/Tpr menyampaikan, para Tamtama TNI AD yang baru dilantik dan  disumpah akan menempuh pendidikan lanjutan tahap II di kecabangan masing-masing, khusus bagi prajurit kecabangan Infanteri akan melaksanakan pendidikan lanjutan di Rindam XII/Tpr. Sedangkan untuk kecabangan non Infanteri akan melanjutkan pendidikan di pusat pendidikan sesuai kecabangan masing-masing.

“Siapkan mental dan fisik, agar dapat mengikuti pendidikan tahap II dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan,” pesan  Panglima Kodam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

Diakhir amanatnya, Panglima Kodam XII/Tpr mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Danrindam XII/Tpr dan para stafnya, para Gumil, Pelatih atas kerja kerasnya dalam menyelenggarakan pendidikan berhasil dengan baik.

Hadir pada upacara penutupan dan penyumpahan Pendidikan Tamtama TNI AD Tahun 2018 diantaranya Kasdam XII/Tpr, Dan Rindam XII/Tpr, Perwira Staf Ahli, para Asisten Kasdam XII/Tpr, Kabalak Kodam XII/Tpr dan Komandan Brigif 19/Khatulistiwa. (PENDAM TANJUNGPURA)

 

Berita Terkait