Sabtu, 17 November 2018 | 07:47:47 WIB

Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah atau Apartemen

Selasa, 11 September 2018 | 13:56 WIB
Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah atau Apartemen

Ilustrasi - Pembangunan perumahan kluster di kawasan Tangerang Selatan. (FOTO: ANT/LINDO)

TANGERANG, LINDO - Praktisi properti Dimas Prasasto mengatakan sebelum membeli hunian penting untuk mencari informasi dan melihat kejelasan perkembangan pembangunan perumahan itu, agar kelak tidak kecewa.

"Membeli rumah itu keputusan besar." katanya di Tangerang Selatan, Banten, Selasa (11/9).

Namun, lanjut dia, menunda terlalu lama juga akan menyulitkan karena harga hunian tambah mahal dan lokasinya semakin jauh.

"Terlalu buru-buru juga tidak baik agar tidak kecewa nantinya," ujar Dimas yang juga Manajer Pemasaran Bintaro Plaza Residences.

Seringkali muncul kasus sengketa antara pembeli dengan pihak pengembang karena hunian yang dijanjikan baik itu landed maupun high rise tidak kunjung selesai dibangun

Pengembang yang baik tentunya akan menjaga betul kinerja dan pelayanannya agar tidak melakukan cidera janji kepada konsumen, katanya.

"Kalau anda sedang mencari rumah coba sedikit lebih ke Selatan Jakarta. Di sana akan ditemui perumahan yang sudah dikembangkan sejak tahun 1979 serta sudah berkembang dengan luas 2.499 hektar, itu bisa menjadi tolak ukur kalau ingin membeli unit yang aman dan tidak terlalu jauh," ujar Dimas.

Hunian yang sudah berkembang baik selalu memiliki fasilitas pendukung dan lingkungan fisiknya dirancang dengan serius  demi memenuhi kebutuhan warga akan hunian yang nyaman.

"Biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas yang terdiri dari pendidikan internasional, perkantoran, area komersial, mall, pasar modern, kantor bank, dealer otomotif, rumah ibadah, dan masih banyak lagi," ujar dia.

Sistem angkutan publik yang terintegrasi serta kedekatan dengan transportasi massal agar dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di daerah tersebut juga menjadi nilai tambah dalam memilih hunian.

Pertimbangan lainnya kemudahan penghuni untuk menjangkau tempat-tempat publik. Bahkan pengembang terkadang menyediakan lajur khusus bersepeda yang aman dan nyaman. (ANT)

 

Berita Terkait